Kami Siap Bantu Apply Cepat Dokumen CSMS Perusahaan Anda

Jasa Pembuatan Dokumen CSMS Perusahaan

Dokumen CSMS. Penyusunan Dokumen CSMS tidaklah mudah jika perusahaan anda baru pertama kali membuatnya. Apalagi ketika perusahaan anda sedang dikejar target untuk segera meng-submit / menyerahkan dokumen tersebut sebagai persyaratan menjadi vendor atau mengikuti lelang baik itu lelang di perusahaan besar swasta maupun BUMN misalnya di Pertamina, Waskita, PP, PLN, Badak LNG, Chevron, dll. Tidak ada salahnya anda menggunakan kami Metro Consulting sebagai partner anda menyusun dokumen tersebut. Biaya yang kami tawarkan untuk menyusun dokumen ini adalah sebesar 20 Juta Rupiah dengan jaminan anda akan lulus penilaian CSMS.

Dibanding anda menyusun sendiri tentunya akan sangat menghabiskan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit bahkan lebih banyak dari biaya menggunakan jasa kami untuk menyusun dokumen tersebut. Sejak 2017 kami telah banyak membantu perusahaan – perusahaan lulus vendor berkat dokumen CSMS yang kami buat.

CSMS (contractor safety management system) merupakan salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi oleh sebuah kontraktor, vendor maupun supplier sebelum mereka menjadi rekanan perusahaan besar  BUMN ataupun swasta. Jika sebuah kontraktor, vendor maupun supplier memiliki dokumen CSMS dan menerapkannya dengan baik, maka perusahaan pengguna layanan baik itu BUMN maupun pihak swasta lainnya akan mendapatkan jaminan segala bentuk operasional yang dilakukan oleh rekanannya semata – mata untuk mencegah Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja (PAK) ditempat kerja.

Jadi, secara sederhana CSMS adalah suatu sistem manajemen K3 yang meliputi berbagai elemen dokumen sebagai tanggung jawab rekanan terhadap pekerjaannya. Jika kontraktor, vendor maupun supplier mengalami kesulitan dalam menyiapkan dokumen ini, maka kami dapat membantu anda sebagai konsultan untuk mengarahkan anda mengingat pentingnya dokumen CSMS sebagai salah satu bahan pertimbangan LULUS atau TIDAK LULUS kontraktor, vendor maupun supplier menjadi rekanan BUMN atau swasta lainnya karena hal itu merupakan jaminan anda telah sesuai standar mereka atau tidak. Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa penyedia barang/jasa seperti kontraktor, vendor maupun supplier harus memiliki dokumen ini. Selain sebagai salah satu prasyarat untuk bekerjasama dengan perusahaan BUMN atau Swasta, dokumen ini juga merupakan respon atas semakin tingginya angka kecelakaan kerja bila kita tidak menerapkannya dengan baik.

Secara umum, berikut ini adalah fungsi CSMS :

  1. CSMS memudahkan perusahaan untuk menilai kelayakan dan profesionalitas kontraktor melalui dokumen tersebut
  2. Sebagai bentuk pembagian tanggung jawab antara perusahaan dan kontraktor untuk program Keselamatan Kesehatan Kerja serta Lindungan Kesehatan (K3LL)
  3. Mengurangi resiko kecelakaan di tempat kerja serta kerusakan lingkungan
  4. Meningkatkan produktivitas kerja dan citra perusahaan serta kontraktor
  5. Perusahaan dapat mengontrol konsistensi kerja kontraktor dalam menerapkan aspek K3.

Teknik Penyusunan Dokumen CSMS Perusahaan

Kami Metro Consulting menawarkan jasa konsultasi pembuatan dokumen yang akan membantu anda para kontraktor, vendor maupun supplier dalam menyiapkan prosedur dokumen tersebut. Anda dapat membaca penjelasan dibawah ini sebagai gambaran sederhana tentang prosedur atau alur Teknik Penyusunan Dokumen CSMS Perusahaan. Yaitu:

  • Pra Pekerjaan

Pra pekerjaan adalah saat dimana rencana kerja dibuat termasuk didalamnya rencana keselamatan kerja yang akan di lakukan selama pekerjaan. Di dalam pra pekerjaan ini, dokumen yang harus dilengkapi adalah:

  • Profil tentang perusahaan kontraktor, vendor maupun supplier
  • Performansi keselamatan kerja kontraktor, vendor maupun supplier
  • Penjelasan tentang metode saat kontraktor, vendor maupun supplier bekerja (cara kerja kontrakor)
  • Sertifikat – sertifikat yang relevan dengan kompetensi pekerja kontraktor, vendor maupun supplier seperti sertifikat juru las, sertifikat teknisi listrik, sertifikat ahli K3 Konstruksi dan sebagainya.

Selain melengkapi dokumen awal, dalam pra pekerjaan juga harus melengkapi analisis keselamatan kerja. Analisis keselamatan kerja merupakan dokumen yang berisi step demi step cara kerja dan bagaimana cara perusahaan menangani bahaya dan resiko dari step step tersebut. Tidak lupa, analisis keselamatan kerja juga harus memperlihatkan bagaimana perusahaan melakukan kontrol untuk menghindari adanya resiko. Dokumen-dokumen tersebut harus dilengkapi dengan tanda tangan dari kontraktor, pemberi kerja, supervisor area dan juga tim K3 agar setiap bagian masing masing memegang tanggung jawab.

Kami juga akan mengarahkan anda para kontraktor, vendor maupun supplier untuk melengkapi izin pekerjaan yang meliputi poin-poin standar keselamatan kerja, alat alat kerja serta alat pelindung diri selama pekerjaan. Selain itu, dalam pra pekerjaan kontraktor, vendor maupun supplier harus membuat safety induction yang berisi dasar – dasar perlindungan kerja dan yang paling krusial adalah tentang prosedur gawat darurat.

Baca Juga:

Raih Sertifikat ISO Dengan Cepat, Mudah dan Murah! Mulai dari 6 Juta rupiah!

Promo Paket Konsultan SMK3 Sertifikat Kemnaker Murah dan Terpercaya!

  • Saat Pekerjaan

Setelah menyiapkan dokumen pra pekerjaan, maka kami akan mengarahkan kontraktor, vendor maupun supplier untuk menyiapkan dokumen pekerjaan dengan dasar dokumen sebelumnya yang telah disahkan. Untuk memastikan semua berjalan dengan benar, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Inspeksi bidang keamaan kontraktor, vendor maupun supplier dari pengguna jasa
  2. Inspeksi dengan tim keamanan internal

Hal yang harus diperhatikan pada CSMS adalah setiap pengguna jasa memiliki tanggung jawab lebih terhadap keamanan pekerja dibandingkan kontraktor, vendor maupun supplier itu sendiri. Jika tanggung jawab keamaan hanya dibebankan kepada tim safety, dipastikan tujuan CSMS tidak akan pernah terwujud. Hal ini dikarenakan beban handle pekerjaan yang terlalu banyak akan membuat tim safety kewalahan. Jika Anda menggunakan jasa kami, tentu Anda akan mendapatkan pengarahaan atas hal – hal yang terkait dengan dokumen.

  • Setelah Pekerjaan

Setelah pekerjaan selesai, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh kontraktor, vendor maupun supplier, yaitu:

  • Meminta tanda tangan sebagai bukti bahwa pekerjaan mereka telah dilakukan dengan aman
  • Tulis berita acara berupa laporan pelaksanaan kerja
  • Mendiskusikan rencana kedepan

Isi Dokumen CSMS Perusahaan

Setelah memahami prosedur atau alur CSMS , maka berikut ini adalah beberapa dokumen yang harus disiapkan oleh kontraktor, vendor maupun supplier yang merupakan isi Dokumen CSMS Perusahaan itu sendiri. Yaitu :

  1. Logo kontraktor, vendor maupun supplier;
  2. Profil kontraktor, vendor maupun supplier;
  3. Struktur organisasi kontraktor, vendor maupun supplier;
  4. Dokumen yang sifatnya ke lingkungan, seperti AMDAL/UKL-UPL/SPPL, dll;
  5. Dokumen pemeriksaan kesehatan karyawan berkala;
  6. Dokumen pemeriksaan kesehatan khusus karyawan;
  7. Fotokopi asuransi BPJS Kesehatan;
  8. Fotokopi asuransi BPJS Ketenagakerjaan;
  9. Fotokopi sertifikat Petugas P3K di tempat kerja;
  10. Fotokopi sertifikat Petugas Penanggulangan di tempat kerja;
  11. Fotokopi sertifikat Ahli K3 Umum;
  12. SK Pengesahan P2K3 di tempat kerja dari Disnaker setempat;
  13. Sertifikat ISO 9001 / ISO 14001 / ISO 45001 (Jika Dipersyaratkan);
  14. Sertifikat SMK3 PP No. 50 Tahun 2012 dari Kemnaker (Jika dipersyaratkan);
  15. dll

Jika melihat banyaknya prosedur serta dokumen yang harus disiapkan, tidak ada salahnya jika anda mulai mempertimbangkan menggunakan jasa kami untuk mengurus kelengkapan CSMS anda.

Klien Yang Telah Kami Bantu Menyusun Dokumen CSMS

Beberapa perusahaan yang telah kami bantu lulus CSMS antara lain:

  1. PT Cakra Satya Internusa (bergerak dibidang jasa sekuriti). Lolos vendor di Badak LNG;
  2. PT Indramas Enviro Karya (bergerak dibidang pembuatan konstruksi biogas). Lolos vendor di PP (Persero);
  3. PT Mentari Khatulistiwa Sejahtera (Bergerak dibidang mechanical engineering). Lolos vendor di Indocement; dll.

Biaya Penyusunan Dokumen CSMS

Biaya penyusunan dokumen CSMS yang kami tawarkan adalah Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah). Dengan waktu pekerjaan tergantung dari koordinasi dengan perusahaan. Durasi paling cepat yaitu 1 – 2 minggu dan paling lama 1 – 2 bulan. Kami bantu sampai lulus CSMS.

Tunggu apalagi. Jangan sampai terlambat memutuskan malah mengakibatkan anda gagal lelang. Gunakan jasa kami. Kami bantu sampai anda lulus CSMS. Hubungi kami segera di:

Info selengkapnya:
PT. Metro Inovasi Lestari
Mobile : 0812 1917 4668
Email : metroconsultingjkt@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *