Pelatihan Pemahaman OHSAS 18001

OHSAS merupakan singkatan dari Occupational Health and Safety Assessment Series. Kini telah banyak diadakan pelatihan pemahaman OHSAS 18001 untuk berbagai jenis organisasi atau perusahaan. Dari namanya saja kita sudah bisa mengetahui bahwa ini merupakan sistem yang berbasis pada isu seputar kesehatan dan keselamatan kerja. OHSAS 18001 memang merupakan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja atau SMK3 yang dibuat sesuai dengan standar internasional.

 

Tujuan dari sistem ini ialah untuk menciptakan sistem kerja yng mengedepankan kesehatan dan keselamatan kerja. Dal hal ini, sistem melibatkan unsur tenaga kerja, manajemen, serta kondisi dari lingkungan kerja itu sendiri. Dengan begitu, kecelakaan kerja bisa dicegah atau diantisipasi. Adanya OHSAS juga diharapkan bisa menciptakan suasana kerja yang aman, produktif, dan efisien. Kecelakaan kerja berpotensi menimbulkan kerugian baik secara ekonomis maupun non-ekonomis terhadap perusahaan sehingga bisa mempengaruhi citra perusahaan itu sendiri.

 

Pentingnya OHSAS 18001

Pelatihan pemahaman OHSAS 18001 penting untuk dilakukan karena suasana kerja yang kondusif dan aman akan berakibat positif pada produktivitas dan fungsi dari perusahaan itu sendiri. OHSAS sebagai kerangka untuk efektivitas manajemen kesehatan dan keselamatan kerja melibatkan berbagai peraturan yang mengatur aktivitas kerja serta mengantisipasi kemungkinan bahaya yang akan muncul. Awal mula terbitnya OHSAS 18001 sendiri ialah karena dokumen BSI atau British Standard Institute yang merupakan OHSAS yang terdiri dari 12 lembaga standarisasi sebagai tim penyususn, dan sertifikasi gabungan beberapa negara didunia.

 

OHSAS sangatlah penting untuk diterapkan di ruang lingkup kerja karena ini bisa menjamin kesehatan dan keselamatan semua pihak yang terlibat dalam pengoperasioan perusahaan. Adanya OHSAS bisa menjadi alat yang baik untuk mengantisipasi atau memprediksi berbagai kemungkinan bahaya atau resiko kecelakaan kerja. Dengan begitu, resiko kecelakaan kerja bisa ditekan. Selain itu, OHSAS juga bisa menjadi jaminan bahwa jika terjadi kecelakaan kerja maka tindakan yang harus diambil sudah terencana dengan baik dan masalah yang timbuk bisa segera diatasi tanpa memperburuk kondisi.

 

Siapa saja yang mengimplementasikan OHSAS

Pada pelatihan pemahaman OHSAS 18001, anda akan memahami bahwa standar yang diterapkan pada sistem ini berlaku pada setiap organisasi yang berkeinginan kuat untuk mengurangi resiko yang bisa mengancam kesehatan dan keselamatan kerja. Ini berarti, OHSAS adalah sistem atau standar yang berlaku untuk semua pihak yang terlibat di perusahaan. Implementasi standar ini adalah menyeluruh sehingga semua elemen terlindungi baik itu tenaga kerja, lingkungan kerja, sampai pada peralatan kerja. OHSAS 18001 terdiri dari berbagai elemen penting yang dirangkum untuk menciptakan sistem manajemen yang terpadu, sesuai dengan persyaratan standar internasional.

 

Dengan menerapkan OHSAS 18001, diharapkan perusahaan memiliki struktur manajemen yang lebih terorganisir. Dengan begitu, setiap wewenang dan tanggung jawab menjadi lebih tegas dan tepat sasaran. Pada akhirnya, hal ini dapat membantu dalam meningkatkan pencapaian target, yaitu mengurangi resiko kecelakaan kerja yang merugikan tenaga kerja dan perusahaan itu sendiri.

 

Macam-Macam Pelatihan Pemahaman OHSAS 18001

Banyak dari penyedia jasa konsultasi OHSAS yang mengadakan pelatihan khusus untuk para kliennya lebih memahami apa itu OHSAS, tujuannya apa, dan bagaimana cara mengimplementasikannya secara langsung pada perusahaan yang dikelola. Biasanya penyedia jasa konsultasi mengadakan pelatihan sesuai dengan tema misalnya, pelatihan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya OHSAS 18001, pelatihan untuk memperdalam interpretasi dari sistem OHSAS 18001, pelatihan internal audit, dll.

 

Pelatihan meningkatkan kesadaran OHSAS 18001

Pelatihan pemahaman OHSAS 18001 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pada pelaku usaha khususnya yang memegang perusahaan skala menengah keatas akan pentingnya OHSAS 18001 intuk diterapkan dilingkungan kerja. Pelatihan ini juga bermanfaat khususnya bagi karyawan agar bisa memahami betul tujuan diterapkannya OHSAS ini.

 

Pelatihan interpretasi

Pelatihan ini lebih menekankan pada penjabaran sistem OHSAS 18001 secara menyeluruh mulai dari gambaran besar sampai pada hal-hal yang lebih mendetail. Berbagai contoh aktual akan diterangkan dalam pelatihan ini untuk membantu klien memahami lebih dalam konsep penerapan OHSAS 18001 pada dunia nyata.

 

Pelatihan dokumentasi

Dalam pelatihan ini, peserta akan dikenalkan pada berbagai dokumen yang berhubungan dengan OHSAS 18001. Ada berbagai jenis dokumen yang penting untuk diketahui apa isi dan tujuannya. Misalnya saja dokumen yang merupakan manual kesehatan dan keselamatan kerja, SOP, fungsi kerja, instruksi, dll. Dokumentasi adalah elemen penting karena ini merupakan landasan dari sistem yang akan diterapkan.

 

Pelatihan internal audit

Pelatihan pemahaman OHSAS 18001 khusus tema internal audit bertujuan untuk membuat peserta pelatihan mengetahui bagaimana proses persiapan, penetapan jadwal, ceklist, pelaksanaan, teknik yang digunakan, sampai pengambilan sample dan penilaian audit. Pada pelatihan ini juga akan dilakukan review secara lebih mendalam mengenai dokumentasi, laporan audit, penanganan kasus, sampai pengambilan keputusan untuk tindak lanjut yang harus diambil.

 

Metode Pelatihan Pemahaman OHSAS 18001

Untuk metode pelatihannya sendiri, setiap lembaga sertifikasi memiliki standarnya masing-masing. Ada yang menggunakan teknik presentasi, ada juga yang menggunakan konsel diskusi training. Namun tidak sedikit juga penyedia jasa pelatihan yang menggunakan metode workshop dan games dengan tujuan agar bonding antar peserta pelatihan bisa lebih kuat. Dengan begitu, pelatihan bisa lebih menyenangkan dan peserta bisa benar-benar memahami apa yang menjadi pokok pelatihan.

 

Memilih penyedia jasa Pelatihan Pemahaman OHSAS 18001

Ada banyak penyedia jasa yang menawarkan pelatihan untuk OHSAS 18001. Agar tidak bingung, berikut beberapa tips untuk memilih penyedia jasa yang tepat:

  • Perhatian reputasi penyedia jasa apakah klien-klien sebelumnya banyak mengajukan komplain atau pujian. Kualitas penyedia jasa pelatihan bisa dilihat dari reputasi yang dibangunnya. Jika citranya baik, maka berarti penyedia jasa tersebut memiliki track record kerja yang memuaskan.
  • Pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pelatihan yang ditawarkan seperti metode pelatihan, lama pelatihan, sampai pada biaya pelatihan. Untuk biaya, biasanya semakin banyak peserta maka biaya bisa semakin hemat.
  • Pilih penyedia jasa pelatihan pemahaman OHSAS 18001 yang menggunakan jenis pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Ada penyedia jasa yang menggunakan pelatihan jenis In House training, ada juga yang menggunakan jenis Privat dan public training.

 

OHSAS 18001 sebagai upaya pengendalian dan pencegaran resiko kesehatan dan keselamatan kerja penting untuk dipahami secara lebih mendalam oleh setiap pihak yang terlibat dalam perusahaan. Untuk itu, pelatihan akan pemahaman OHSAS merupakan solusi cerdas yang bisa dilakukan perusahaan untuk meningkatkan kualitas, produktivitas, dan energi baik dari tenaga kerja maupun lingkungan kerja itu sendiri.

 

Implementasi OHSAS harus dimulai dengan memahami hal-hal mendasarnya terlebih dahulu. Dan disinilah pentingnya diadakan pelatihan OHSAS. Jika anda memiliki tanggung jawab terhadap perusahaan atau organisasi yang anda kelola, maka anda bisa menghubungi penyedia jasa yang memberikan pelatihan pemahaman OHSAS 18001. Pastikan untuk memilih penyedia jasa yang profesional dan kredibel dibidangnya agar pelatihan bisa membuahkan hasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *