Pelatihan Pemahaman ISO 9001: 2015

Pelatihan pemahaman ISO 9001: 2015- adalah kumpulan-kumpulan standarisasi untuk sistem manajemen mutu (SMM) internasional. ISO 9001 memiliki seri yang memegang peranan penting  dalam standarisasi mutu, khususnya dalam hal pengendalian langkah produksi atau pelayanan produk atau jasa. ISO/TC adalah badan yang bertanggungjawab terhadap  standar-standar sistem manajemen mutu. ISO/TC juga menjadi pihak yang menentukan untuk melakukan peninjauan ulang terhadap ISO 9001 setiap 5 tahun sekali untuk menjamin kebaruan dan relevansi untuk organisasi.

Sistem manajemen mutu merupakan sistem manajemen yang melibatkan seluruh anggota organisasi untuk meningkatkan mutu sebagai sebuah strategi dalam usaha dan memilki orientasi pada kepuasan pelanggan. Standar manajemen mutu adalah sebuah sistem yang dimanfaatkan dalam penetapan kebijakan (pernyataan resmi yang disampaikan oleh manajemen puncak yang berhubungan dengan perhatian serta arah  suatu organisasi di bidang mutu) dan sasaran mutu (semua hal yang berkaitan dengan mutu dan menjadi sasaran atau target pencapaian yang berdasarkan pada ukuran yang telah ditetapakan atau kriteria pencapaiannya). Pelatihan pemahaman ISO 9001: 2015 dibutuhkan untuk membantu perusahaan mendapatkan ISO 9001: 2015.

Salah satu sertifikasi pada ISO 9001, standarnya tidak menjamin kulitas suatu barang atau jasa yang dihasilkan. Standarisasi hanya fokus pada kualitas proses dan konsistensi bisnis di sebuah perusahaan.Sistem standarisasi ISO 9001 memiliki manajemen standarisasi mutu yang mengelola pencapaian mutu.  Sistem ini memanage hubungan antara konsumen, lembanga, dan supplier. Oleh karenanya ISO 9001 tidak membahas mengenai mutu produk ataupun jasa melainkan lebih fokus kepada proses pecapaian suatu mutu tertentu.

Sebelum membahas pelatihan pemahaman ISO 9001: 2015, perumusan ISO 9001:2015 tentu saja tidak lepas dari berbgai tujuan yang ingin dic apai opeh para perumusnya. Serangkaian dari seri ISO 9001 memiliki tujuan utama seperti di bawah ini:

  1. Sebuah organisasi/perusahaan mampu mencapai dan mempertahankan kualitas dari produk dan jasa yang dihasilkan, sehinggga mampu memenuhi kebutuhan para konsumen/pembeli secara berkesinambungan.
  2. Sebuah organisasi/perusahaan mampu meyakinkan pihak manajemennya bahwa telah dpat mencapai dan mempertahankan kualitas dari produk dan jasa yang dimaksudkan.
  3. Organisasi mampu meyakinkan kepada konsumen/pihak pembeli bahwasnnya produk yang dipasarkan/dijual telah atau akan mencpai kualitas yang dimaksudkan.

Selain tujuan tersebut tentunya ISO 9001:2015 juga memilki fungsi tertentu yanga berkaitan dengan standarisasi mutu. Didalam pelatihan pemahaman ISO 9001: 2015 juga akan dibahas tentang fungsi dari standarisasi ISO 9001 tidak lepas dari berbagai seri standarisai mutu, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. ISO 9001 Quality Management System-Fundamental and Vocabulary

Standarisasi ini mencakup dasar-dasar quality management dan spesifikasi terminologi dari sebuah SMM (Sitem Manjaemen Mutu)

  1. ISO 9001 Quality Mangement System-Requirements

Standarisasi ini dimaksudkan untuk digunakan oleh organisasi manapun yang bergerak dalam bidang perancangan, pembangunan, produksi, pemasangan dan /atau pelayanan produk apapun ataupun yang memberi berbagai bentuk jasa. Hasil barang dan jasa yang secara konsisten dan berkesinambungan memenuhi permintaan pelanggan/konsumen tentunya akan memberikan kepuasan bagi para pelanggan sehingga diperlukan syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh sebuah organisasi apabila ingin mewujudkan hal tersebut. Pihak ketiga memberikan sertifikasi  terhadap satu-satunya bentuk dari implementasi dasar.

  1. ISO 9004 Quality Mangaement System-Guidlines for Performance Improvement

Standar ini mencakup berbagai hal perbaikan sistem yang secara terus-menerus. Untuk pengembangan sistem yang telah lama terbentuk, maka perlu sebuah masukan yang dapat dilakukan di bagian ini. Standar ini hanya ditujukan untuk memberikan sebuah masukan bukan untuk ddijadikan sebagai panduan implementasi.

Jika perusahaan atau organisasi telah menjalankan ISO 9001: 2015, maka perusahaan tersebut dapat meminta lembaga audit untuk menerbitkan sertifikat ISO 9001: 2015. Sebelum meminta tim assesor untuk menilai, perusahaan dapat mendorong pelaksanaan pelatihan pemahaman ISO 9001: 2015 terlebih dahulu, kemudian mengirimkan kelengkapan dokumen ISO 9001 seperti dokumen profil perusahaan, identifikasi perusahaan, identifikasi kebutuhan, dan ekspekstasi para stake holder, laporan resiko, kebijakan, bukti audit internal dan managemen reviwer serta beberapa prosedur yang telah ditetapkan

Seperti yang telah diketahui, ISO 9001: 2015 merupakan sertifikat resmi yang hanya dapat dikeluarkan oleh badan atau lembaga resmi. Di Indonesia, terdapat banyak lembaga resmi yang dapat menerbitkan sertifikat tersebut. Karena persyaratan yang cukup tinggi untuk mendapatkan sertifikat ini, maka banyak muncul pelatihan- pelatihan pemahaman ISO 9001: 2015. Beberapa pihak yang dapat dan disarankan untuk mengikuti jenis pelatihan ini adalah para staff, supervisor, manager, praktisi dan mungkin profesional yang ingin mendalami Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015.

Tujuan dari pelatihan pemahaman ISO 9001: 2015 secara umum adalah membantu pemahaman peserta tentang klausul klausul didalam ISO 9001: 2015. Secara lebih rinci, tujuan dari pelatihan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan pemahaman kepada peserta pelatihan tentang konsep ISO 9001: 2015 sehingga sistem manajemen mutu meningkat dan pasti akan berdampak pada peningkatan tingkat kepuasan pelanggan terdahap produk atau jasa
  2. Memberikan pemahaman yang benar terkait strategi pengimplementasian Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015
  3. Memberikan pemahaman terhadap sistem kerja secara terintegrasi dan tentunya tertib adminstrasi.
  4. Output yang dihasilkan didalam pelatihan ini tentunya peserta mampu mengimplementasikan informasi yang didapat, termasuk diantaranya mampu menjadi auditor bagi internal perusahaannya

Didalam pelatihan pemahaman ISO 9001: 2015 akan disampaikan beberapa materi yang biasanya tercantum didalam modul pelatihan. Berikut ini adalah beberapa materi pelatihan:

  1. Pemahaman umum Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

Berisi pembahasan secara umum persyaratan atas perubahan standar dari 2008 menjadi 2015 termasuk diantarnya pedoman, definisi, konsep serta hal lain yang masih terkait dengan ISO 9001

  1. Pemahaman tentang prosedural Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 2008 dengan ISO 9001: 2015. Termasuk diataranya bagaimana cara perusahaan mengimplementasikan ISO 9001: 2015 tersebut
  2. Pemahaman tentang prinsip leadership atau kepemimpinan sesuai standar ISO 9001: 2015
  3. Pemahaman tentang respon dan tindakan dalam rangka penanganan resiko
  4. Pemahaman tentang sumber daya termasuk diantarannya informasi terdokumentasi, dan materi lain yang relevan dengan pelatihan pemahaman ISO 9001: 2015.

Didalam pelatihan akan terdapat fasilitator atau penyampai materi tentang pemahaman ISO 9001: 2015. Dibeberapa pelatihan mungkin berbeda satu sama lain, akan tetapi secara garis besar terdapat fasilitator fasilitator utama yang berpengalaman di dalam Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015.

 

Kepuasan pelanggan merupakan kata kunci dari setiap organisasi. Seperti yang telah diketahui, semakin tinggi tingkat sosial masyarakat, maka tuntutan akan kepuasan pelanggan semakin tinggi pula. Kepuasan pelanggan sangat terkait erat dengan tinggi rendahnya standar produk atau jasa perusahaan. Pelatihan pemahaman ISO 9001: 2015 seperti ini tentu sangat membantu bagi para staff dalam rangka mendapatkan sertifikat ISO 9001: 2015. Dengan dilakukan pelatihan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015 secara lengkap akan membantu peserta mendapatkan informasi terkait ISO secara mendalam dan berdampak langsung terhadap upaya perusahaan mendapat sertifikat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *