Pelatihan Pemahaman ISO 14001:2015

Pada artikel kali ini kita akan memberikan informasi mengenai  Pemahaman ISO 14001; 2015. Namun sbeelumnya kita ketahui dulu apa itu ISO. ISO (international Standardisasi Organization) merupakan lembaga atau badan penetapan standar internasional, dan ISO ini terdiri dari wakil-wakil dari badan standarisasi nasional dari setiap negara. Meskipun Ornaissasi ISO ini berdiri secara Independen (berdiri sendiri) atau bisa dikatakan dengan organisasi non-pemerintah, tetapi ISO international Standardisasi Organization memiliki peran penting dalam menentukan standar nasional.  Salah satu sistem manajemen mutu organisasi yang paling terkenal adalah  ISO 22000 yaitu sistem manajemen keamanan pangan, dan sistem keamanan lingkungan ISO 14001; 2015 yang saat ini sedang kita bahas.

Ketika dilingkungan sekitar kita ada perusahaan terutama yang bergerak dalam bidang industri, maka bisa dipastikan kedepannya bakal menimbulkan beberapa dampak lingkungan, entah itu dampak negatif maupun dampak positif. teurtama untuk dampak negatif, dampak inilah yang bisa menimbulkan kerugian bagi orang lain. salah satu dampak negatif yang bisa merugikan orang lain adalah ketika lingkungan tercemar oleh limbah, dan itu bisa menyebabkan pencemaran air, pencemaran udara, cadangan air bersih semakin berkurang, dan kerugian itu tidak hanya menimpa manusia, bahkan semua makhluk hidup dan ekosistem yang ada di bumi ini juga akan terganggu.

Jika hal ini sudah terlanjur terjadi maka pihak perusahaan harus bertanggung jawab bahkan bisa dituntun secara perdata dan pidana. Dan tuntutan itu bisa dilakukan oleh siapa saja dari pihak-pihak yang merasa dirugikan dengan perushaan itu. untuk itu jika perusahaan anda bekerja dalam bidang yang bisa menimbulkan limbah yang mencemari lingkungan sekitar, maka sebaiknya perusahaan anda dari awal menerapkan internasional Standardisasi Organisasi (ISO).

Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui apa itu sistem manajemen ISO 14001 ; 2015, nah untuk itu kami disini hadir untuk sedikit memberikan pemahaman ISO 14001 ; 2015, yang mana ISO 14001 ; 2015 merupakan suatu sistem manajemen lingkungan yang sifatnya sukarela, bahkan ISO 14001 ini bergerak secara independen atau organisasi non-pemerintah.

ISO 14001 sebagaimana yang telah kita ketahui sebelumnya yaitu suatu sistem manajemen lingkungan yang memiliki tujuan untuk menurukan beberapa potensi atau dampak terhadap lingkungan perushaan dan sekitar. Kemudian untuk meningkatkan kinerja dalam lingkungan perusasahaan, lalu untuk memperbaiki beberapa pemenuhan komplain terhadap peraturan, menurunkan atau merinngankan resiko tuntutan pertanggung jawaban lingkungan yang disebabkan oleh perusahaan, dan tujuan terakhir adalah untuk memberikan image positif bagi perusahaan tersebut.

Standar internasional dalam sistem manajemen lingkungan sendiri diterbitkan sejak bulan September 1996. Sampai saat ini sistem manajemen lingkungan terbaru yaitu dengan menerpakan prinsip PDAC ( Plan- Do – Check – Action ), dan prinsip-prinsip itu terdiri dari :

  • Kebijakan lingkungan;

Kebijakan lingkungan ini haruslah terdokumentasikan kepada seluruh pegawai serta kepada warga. Dan kebijakan lingkungan ini haruslah berisi komitmen atau perjanjian terhadap perbaikan berkelanjutan yang dilakuakn oleh pihak perushaan. Dan semata-mata untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan, selain itu kegiatan ini juga sebagai bentuk kitapatuh terhadap peraturan yang berlaku.

  • Perencanaan;

Perencanaan atau planning yang bertujuan untuk mewujudkan semua sasaran yang sebelumnya telah melakukan identifikasi terhadap lingkungan. Selain itu pihak organisasi harus merencanakan siapa siapa saja yang akan bertanggung jawab dalam kegiatan ini.

  • Penerapan dan operasi;

Peneraan dan operasi ini bentuk atau bukti aksi dari prinsip sebelumnya yaitu kebijakan lingkungan  dan perencanaan. Yang mana prinsip ini mencakup dokumentasi dan komunikasi antar kedua belah pihak dan juga sebagai bentuk tanggung jawab. Sehingga menghasilkan hubungan internal dengan ekternal semakin baik

  • Pemeriksaan;

Pemeriksaan ini bersifat berkelanjutan dan harus secara teratur memantau lingkungan, dan ini dilakukan untuk mencegah situasi yang tidak sesuai dengan rencana.

  • Dan tinjauan manajemen;

Tinjauan ulang manajemen ini dilakukan untuk memastikan apakah itu sesuai , efektif terhadap perubahan yang telah dilakukan selama ini.

  • Penyempurnaan secara menerus.

Lalu manfaat apa yang didapat dari menerapakan Sistem manajemen ISO 14001 ; 2015 ini, terutama bagi masyarakat yang terkait:

  • Berkurangnya pencemaran lingkungan sekitar baik itu pencemaran air, pencemaran udara, dan pastinya tidak akan kekurangan air bersih lagi.
  • Dan kondisi sosial masyarakata bisa dipastikan akan lebih baik, karena tidak ada lagi kemacetan, limbah, polusi di sekitar perusahaan tersebut.

Lalu apa manfaat yang bisa didapat oleh perushaan tersebut setelah mendapatkan pemahaman ISO 14001 dan telah mendapatkan sertifkasi ISO 140001;2015 :

  • Meminimlisir dengan perusahan dan pihak-pihak lain.
  • Mencegah terjadinya tuntutan pertanggung jawaban baik dari masayarakat maupun pemerintah.
  • Meningkatkan citra perusahaan;
  • Meningkatkan produksifitas;
  • Meminimalisir waktu, tenaga dan biaya
  • Menghindari kerugian
  • Meningkatkan hubungan komunikasi baik itu dengan warga sekitar maupun dengan client dan customer.
  • Meminimalisisr persaingan antar perusahaan yang bekerja dalam sektor bidang yang sama.
  • Menghindari kemungkinan adanya hambatan dikemudian hari.
  • Meningkatkan jumlah client;
  • Meningkatkan pandangan positif terhadap perusahaan.
  • Dan lain-lain.

ISO 14001;2015 telah diciptakan untuk berbagai organisasi tanpa harus memandang organisasi itu kecil maupun besar. dan dapat diterapkan untuk semu baik itu organisasi, perusahaan, intitusi, instansi, maupun lembaga. yang Penting dapat diterapkan untuk seluruh sistem manajemen terutama dalam keamanan lingkungan. Dan organisasi tersebut haruslah memiliki tujuan dalam menjaga kelestarian lingkungan, dan yang paling terpenting adalah organisasi tersebut bisa mencapai tujuan dalam pengelolaan lingkungan berkelanjutan.

Maka dari itu segeralah menerapkan ISO 14001 ; 2015 untuk menghindari dampak lain. dan jangan lupa gunakan jasa konsultasi ISO 14001 ; 2015 yang bisa memberikan anda pelatihan pemahaman ISO 14001;2015. Namun yang harus anda ingat dari setiap perushaan atau organisasi jasa konsultasi ISO 14001 itu semuanya menggunakan panduan/pedoman yang sama diseluruh Dunia. pelatihan ISO 14001 ini akan dilakukan sampai pada tahap sertfifikasi ISO 14001;2015. Dengan adanya sertifikasi ini setidaknya bisa menghemat biaya, karena pihak perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk perbaikan ini dan itu dari akibat yang ditimbulkan perusahaan. Selain biaya juga emnghemat waktu dan sumber daya manusia (sdm).

Bagaimana apakah anda tertarik dengan perusahaan yang telah memiliki sertfikasi ISO 14001;2015, karena dengan menerapkan sistem keamanan lingkungan seperti ini perusahaan anda akan lebih aman dan dijamin tidak akan mendapatkan kendala dikemudian hari.

Demikian itulah artikel yang berjudul Pelatihan Pemahaman ISO14001;2015, hanya itu saja yang bisa kami berikan kepada anda, untuk informasi lengkapnya bisa dilihat di artikel-artikel kami lainnya. semoga informasi yang kami berikan anda secara tidak langsung bisa menambah wawasan anda, dan semoga informasi ini bisa dijadikan sebagai referensi and. Jangan lupa baca artikel-artikel menarik kami lainnya disini, selamat membaca dan terima kasih J .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *