Pelatihan Auditor SMK3 Sertifikat Kemenaker

Pelatihan auditor SMK3- atau disebut Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan bagian dari sebuah sistem manajemen yang berlaku di perusahaan sebagai cara untuk mengendalikan resiko yang terkait dengan kegiatan kerja, guna menciptakan tempat kerja yang aman, efisien dan juga produktif. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja merupakan hal terpenting dimana didalamnya terdapat struktur organisasi, rencana, tanggung jawab, aplikasi dari prosedur, proses dan dan sumber daya yang dibutuhkan, pemberian reward, dan jaminan kesehatan dalam konteks menekan resiko yang berhubungan dengan aktivitas kerja, menciptakan keamanan dan keselamatan, efisiensi serta produktivitas di tempat kerja.

Sebelum membahas tentang pelatihan auditor SMK3, terlebih dahulu dibahas tentang fungsi dan tujuan SMK3. Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada dasarnya memiliki tujuan dasar yaitu pengimplementasian dari penurunan atau pencegahan angka kecelakaan kerja yang dapat menyebabkan korban jiwa atau kehilangan material. Melihat dari tujuan dasar SMK3, patut diperhatikan bahwa setiap perusahaan wajib menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang terintegrasikan dengan sistem manajemen perusahaan yang dengan jelas sudah diatur dalam peraturan pemerintan Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan Pasal 87. Secara lebih rinci, tujuan SMK3 adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan efektifitas dari apa yang direncanakan dalam artian rencana pengelolaan keselamatan dan kesehatan kerja secara terstruktur, dan saling terintegrasi
  2. Mencegah dan menurunkan resiko kehilangan akibat kecelakaan dan penyakit dengan peran serta dari segenap manajemen, pekerja, buruh dan serikat buruh
  3. Menciptakan keselamatan, kenyamanan, dan efisiensi di tepat kerja yang kemudian akan meningkatkan produktifitasnya.

Sedangkan fungsi dari pemberlakuan SMK3 adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai alat manajemen
  2. Sebagai agen dari pemenuhan syarat
  3. Sebagai konsultan keselamatan
  4. Sebagai pengendali angka kerugian

Setelah membahas tujuan dan fungsi, untuk mengantarkan kepada Anda pembahasan tentang pelatihan auditor SMK3 sertifikat kemenaker, maka akan dibahas tentang manfaat SMK3 seperti berikut ini:

  1. Memberikan proteksi atau perlindungan kepada karyawan/pekerja
  2. Memperlihatkan kepatuhan perusahaan terhadap hukum dan aturan yang berlaku
  3. Mengurangi pembiayaan / kerugian
  4. Menciptalan sistem manajemen yang efektif
  5. Meningkatkan kepercayaan pelanggan dan juga rasa puas terhadap perusahaan.

Setelah pembahasan mengenai tujuan, manfaat dan fungsi, sekarang masuk pada pembahasan pelatihan auditor SMK3. Auditor SMK3 adalah spesialisai dan kemampuan independen untuk menilai pelaksanaan SMK3 yang ditunjuk oleh kepala kementrian. Lembaga auditor SMK3 adalah lembaga resmi yang ditunjuk oleh menteri atau pejabat yang berwenang untuk melakukan audit atas pelaksanaan SMK3.

Hingga saat ini, terdapat beberapa lembaga audit SMK3 dari Kemenaker RI sebagai berikut:

  1. PT Sucofindo International Certification Service (SICS)
  2. PT Surveyor Indonesia (Persero)
  3. PT ALKON Indo Sejahtera (AIS)
  4. PT Jatim Aspek Nusantara (JAN)
  5. PT Berau Of Classification Of Indonesia (BKI)
  6. PT Certification Sevice (JASER)
  7. PT SAI Global Indonesia (SAI)
  8. PT Multi Certification Indonesia (MSI)
  9. PT TUV Rheinland (TUV)

Lebaga audit SMK3 membidangi dan berhak menunjuk auditor dengan kemampuan khusus dan dapat melakukan audit eksternal SMK3. Audit Eksternal dari SMK3 adalah audit yang hanya bisa diselenggarakan oleh lembaga audit dengan konteks sebagai penilaian dari penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja disebuah perusahaan.

Pelatihan auditor SMK3 akan melatih para auditor menjadi orang yang mumpuni di bidang audit. Para auditor SMK3 memiliki beberapa kewajiban diantaranya:

  1. Melaksanakan audit dari pelaksanaan SMK3 sesuai aturan dan hukum yang berlaku
  2. Menjaga kerahasiaan hasil dari audit SMK3 disuatu perusahaan dari pihak yang tidak berkepentingan
  3. Memberikan masukan atas aturan tentang keselamatan dan kesehatan kerja yang berlaku di perusahaan tersebut.

Selain memiliki kewajiban, seorang auditor SMK3 juga berhak atas beberapa kewenangan berikut ini:

  1. Memasuki seluruh area kerja yang terkait dengan audit SMK3
  2. Memberikan penilaian dari hasil audit SMK3
  3. Meminta kepada perusahaan informasi yang dibutuhkan untuk audit dengan cara memperlihakan dokumen dan meminta petugas pendamping dari pihak internal perusahaan dalam penerapan audit SMK3
  4. Menghentikan pelaksanaan audit jika tidak ada sistem yang dibangun atau berada dalam kondisi bahaya untuk melaksanakan audit.

Untuk dapat menjadi auditor, Anda harus mengikuti pelatihan auditor SMK3 bersertifikat resmi Kemenaker. Syarat mengikuti pelatihan itu juga berlaku bagi para auditor internal SMK3 ataupun yang akan berkerja di lembaga audit SMK3. Pelatihan bagi para auditor ini bertujuan sebagai berikut:

  1. Memenuhi kriteria peraturan penerapan manajemen K3
  2. Menciptakan para auditor internal yang handal, berkompeten dan profesional
  3. Menjadikan perserta pelatihan berpotensi untuk menjadi auditor internal yang bekerja pada lembaga audit
  4. Merencakanan, mempersiapkan dan melaksanakan serta melaporkan hasil internal audit sebuah perusahaan
  5. Output yang diharapkan adalah mengerti dan memahami peran auditor dalam melaksanakan audit baik internal maupun eksternal
  6. Jangka panjang, mampu memberikan evaluasi pemenuhan kebutuhan peraturan tentang K3

Tidak semua orang dapat mengikuti pelatihan auditor SMK3, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta, diantaranya:

  1. Berpendidikan minimal D3
  2. Sudah bersertifikat ahli K3 Umum Kemenaker RI
  3. Sehat jasmani

Secara umum, prosedur dalam pelatihan auditor SMK3 seperti pelatihan-pelatihan pada umumnya. Setelah melakukan pendaftaran, para peserta yang telah memenuhi persyaratan dapat mengikuti pelatihan dengan membayar sejumlah biaya administrasi selama pelatihan. Metode pelaksanaan pelatihan auditor SMK3 dapat berupa penyampaian materi, lokakarya, pembahasan studi kasus hingga presentasi kelompok.

Sebelum mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga pelatihan audit, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  1. Pilih pelatihan yang resmi sehingga Anda akan mendapatkan sertifikat pelatihan auditor SMK3 dari Kemenaker
  2. Cari tahu dari rekan kerja Anda pelatihan mana yang paling kompeten dan menghasilkan out put yang berkualitas
  3. Perhatikan instruktur training. Dalam Pelatihan, Anda akan dilatih oleh instruktur senior dari kemenaker RI, akademisi dan juga praktisi dari senior auditor lembaga resmi audit yang telah ditunjuk oleh Kemenaker.
  4. Perhatikan juga fasilitas yang akan Anda dapatkan saat mengikuti pelatihan tersebut. Anda juga dapat membandingkan pelatihan dari lembaga satu dengan lembaga yang lain.

Pekerjaan sebagai auditor memang menjadi salah satu pekerjaan yang banyak diminati, apalagi menjadi auditor eksternal sebuah lembaga SMK3 resmi Kemenaker. Lembaga audit resmi SMK3 merupakan lembaga yang ditunjuk oleh Kemenaker untuk melakukan audit eksternal penyelanggaraan Sistem Manajemen Keselamatan dan Keamanan Kerja di sebuah perusahaan. SMK3 sebagai salah satu bidang di perusahaan terintegrasi dengan manajemen perusahaan, berfokus pada upaya memperkecil angka kecelakaan kerja dan penyakit yang disebabkan oleh aktivitas kerja. Jika Anda ingin menjadi auditor SMK3, wajib bagi Anda untuk mengikuti pelatihan auditor SMK3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *