Pelatihan Audit Internal ISO 9001

Audit Internal ISO 9001. ISO ( International Organization for Standardization) merupakan suatu badan yang menetapkan standar internasional baik itu untuk industrial maupun komersial dunia. ISO sendiri didikan pada tanggal 23 Februari 1947, dan anggota ISO ini terdiri dari wakil-wakil dari badan standardisasi nasional dari setiap Negara.

ISO juga merupakan standar internasional dalam sebuah sisitem manajemen mutu (SMM) yang mana berfungsi untuk mengukur mutu organisasi. Meskipun ISO ini berdiri secara independen atau organisasi non-pemerintah tetapi ISO memiliki peran penting dalam hal mengukur kredibilitas perusahaan yang mampu bersaing secara globaL, bahkan saat ini ISO memiliki hubungan yang cukup erat dengan pihak-pihak pemerintah. Salah satu sistem manajemen mutu yang dikenal adalah ISO 9001. Dan ISO 9001 ini merupakan standar bertaraf internasional pertama yang telah diakui untuk sertifikasi SMM ( Sistem Manajemen Mutu). Selain ISO 9001 ada juga lembaga ISO lainnya yang menerapkan sistem manajemen mutu diantanya ada ISO 22000 yaitu sistem manajemen keamanan pangan, kemudian ada ISO 14001 yaitu sistem manajemen keamanan lingkungan.

Lalu apa itu ISO 9001 dan apa tujuannya sehingga harus diterapkan oleh berbagai organisasi?. ISO merupakan salah satu standar internasional dalam bidang sistem manajemen mutu. ISO sendiri adalah lembaga atau organisasi yang telah berhasil mendapatk akreditasi, bahkan ISO 9001 saat ini telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk atau jasa yang telah dihasilkannya.

ISO 9001 bekerja dengan cara mengacu pada apa yang perushaan lakukan untuk mengelola proses dan aktivitas. Sehingga menghasilkan produk dan jasa yang bisa memenuhi tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. dan tujuan itu diantaranya :

  • Untuk memenuhi semua persyaratan kualitas pelanggan;
  • Sesuai dengan peraturan yang berlaku; dan
  • Tujuan lingkungan .

Dan yang harus diketahui oleh kita semua adalah bahwa setiap perushaan dapat memperoleh manfaat dari penerapan ISO 9001 ini hal ini berdasarkan pada delapan prinsip manajemen, sebagai berikut :

  1. Organisassi yang bisa fokus terhadap customer.
  2. Kepemimpinan;
  3. Keterlibatan dengan banyak orang;
  4. Melakukan pendekatan terhadap proses pendekatan secara sistematis yang menagacu pada manajemen;
  5. Pembuatan keputusan berdasarkan peraturan;
  6. Pendekatan nyata;
  7. Bekerjasama dengan pemasok yang satu sama lain bisa menguntungkan; dan
  8. Peningkatan berkesinambungan.

Dan manfaat lain yang bisa didapat dari menerapkan ISO 9001  adalah sebagai berikut:

  • bisa memberikan kepuasan kepada Customer;
  • mampu memgurangi biaya operasional;
  • meningkatkan image atau citra perusahaan dimata masyarakat dan client.
  • meningkatkan hubungan/komunikasi yang baik kepada para pemegang kepentingan ( karyawan, pemasok, dan Customer).
  • Meningkatkan terhadap pengendalian manajemen resiko;
  • Menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan atau organisasi terkait;
  • Membrikan peluang untuk mendapatan bisnis-bisnis besar. terutama dalam hal penyediaan sertifikasi yang digunakan untuk memenuhi salah satu peryaratan dalam hal produksi dan

Untuk itu bagi perusahaan dan organasisasi yang menggunakan sistem manajemen mutu harus melaksanakan audit internal hal ini bertujuan untuk menyediakan layanan informasi untuk memasikan apakah sistem manajemen mutu tersebut sesuai dengan perysaratan. Selain itu pelaksanaan audit internal ISO 9001 juga bermanfaat untuk menyelidiki berbagai masalah operasional dalam sebuah perusahaan atau organisasi dan bermanfaat juga untuk memberikan kesempatan kepada pihak organisasi/perushaan untuk memperbaiki dan melakukan tindakan untuk pencegahan. Dan masih banyak manfaat lain yang bisa kita peroleh dari penerapan audit internal ini.

Namun tidak bisa kita pungkuri masih banyak diluaran sana Organisasi-organisasi  yang belum paham dengan tata cara dalam melaksanakan audit internal ISO 9001 yang baik dan benar. Hal ini mungkin saja dikarenakan terlalu sibuk dalam aktivitas bisnisnya, sehingga tidak bisa sedikit saja menyempatkan untuk melakukan pelatihan audit internal ISO 9001 ini.

Padahal dengan mengikuti semua pelatihan auditor internal ISO 9001  ini para peserta akan mendappatkan informasi-informasi yang sangat penting mulai dari kapan jadwal yang bagus untuk melakukan audit intenal. Kemudian bagaimana tata cara pelaksanaaannya, lalu siap yang boleh mengaudit dan diaudit, lalu akan diberikan semua teknik audit, serta akan diberikan bekal cara dalam mengolah hasil audit.

Nah untuk itu bagi anda yang belum mengetahui bagaimana sistim pelatihan audit internal ISO 9001 yang baik dan benar itu, kami disini akan memeberikan informasi lengkapnya untuk anda. simak ulasannya dibawah ini:

Waktu yang tepat melakukan pelatihan audit internal itu tergantung waktu dan tempat  yang sudah disesuaikan sebelumnya. dan biaasanya pelatihan ini bersifat inhouse jadi dari pihak perushaan menyiapkan tempat untuk melakukan pelatihan audit internal, kemudian pihak dari jasa konsultasi ISO 9001 akan mendatangi tempat tersebut. untuk masalah berapa lamanya itu  dikarenakan para peserta kebanyakan sangat sibuk dengan semua aktivitasnya di perushaan, maka pihak konsultasi biasanya pelaksanaan pelatihan dilakukan dalam satu hari full, dari pagi sampai sore hari.

Mengenai siapa yang harus melakukan pelatihan audit internal ISO 9001 ini, sebenarnya pelatihan ini boleh dilakukan oleh semua organisasi, perusahaan, lembaga, intansi, intitusi, dll yang saat ini sedang menerapkan sistem  manajemen mutu ISO 9001. Teutama bagi anda yang masih mengalami kesulitan dalam melakukan audit internal ISO 9001.

Sasilitas yang diberikan kepad peserta untuk   menunjang pelatihan audit intenal ISO 9001 ini supaya lebih efektif pada saat pelaksanaannya biasanya pihak dari jasa konsultasi pelatihan memberikan beberpa materi audit internal dalam bentuk soft copy dan hard copy. Dan bagi peserta yang sudah melaksanakan pelatihan dan lulus dengan hasil bagus biasnaya pihak konsultasi memberikan sertifikat, sedangkan bagi peserta yang belum lulus biasanya melakukan perbaikann atau remedial.

Dan sedangkan untuk biaya pelatihan audit internal ISO 9001  itu biasanya tergantung permintaan dari pihak jasa konsultasinya. Nah bagi anda nih yang saat ini memiliki perusahaan, lembaga ataupun organisasi yang dengan menjalankan sistem manajemen mutu segera melakukan pelatihan audit internal  ISO 9001 hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, dan demi kebaikan perusahaan anda.

Setelah melakukan pelatihan, hal selanjutnya yang harus dilakukan dalam proses pengauditan internal adalah:pertama melakukan perencanaan jadwal audit, kemudian perencanaan proses audit, lalu melakukan audit, kemudian pelaporan audit, dan terkahir melakukan tindakan lanjutan terhadap masalah perbaikan yang ditemukan sebelumnya.

Melakukan auidt internal ISO 9001 merupakan cara paling terbaik untuk mendapatkan penilaian atau pandangan positif dari orang lain. selain itu pelaksanaan audit internal ini bisa membantu anda dalam mengindentifikasi serta melihat secara langsung area yang akan dilakukan perbaikan. Selain itu proses pengerjaannya pun akan lebih cepat, efisien, teratur, terencana, dan terintegrasi.

Demikian artikel berjudul Pelatihan Audit Internal ISO 9001 yang bisa kami sampaikan kepada anda, semoga informasi ini bisa membantu anda terutama dalam hal yang berkaitan dengan sisitem manajemen mutu  dan ISO. Selamat Membaca dan Terima Kasih J  .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *