Pelatihan Audit Internal ISO 14001:2015

Sebelum membahas lebih jauh mengenai pelatihan audit internal ISO 14002, sebaiknya kita mengenali terlebih dahulu hal mendasar yang akan menjadi peran utama dalam pelatihan ini, yakni audit internal. Yang disebut dengan audit Internal itu sendiri tak lain adalah suatu jabatan yang sangat menantang untuk memberikan kontribusi aktif dan langsung untuk pengoptimalan dalam sebuah lembaga atau organisasi tertentu. Disana akan menggunakan analisis manajemen yang intuitif dan juga secara saksama. Ada juga informasi keuangan yang lengkap dan juga memiliki tanggungjawab besar untuk identifikasi cara untuk memaksimalkan efektivitas kelompok dan mengurangi risiko yang muncul.

Walau utamanya terfokus pada urusan keuangan, namun prakteknya auditor internal itu akan terlibat dalam berbagai aspek yang mendukung sebuah organisasi, dari mulai hal sepele seperti kontrak TI bahkan sampai ke berbagai kebijakan lainnya. Tugas sehari-harinya adalah menghadiri berbagai rapat, melakukan investigasi menyeluruh untuk proses, melakukan penelitian terhadap risiko dan bahkan mampu menggunakan perangkat lunak berbagai jenis untuk mengolah informasi yang akan diberikan pada petinggi organisasi lain, atau anggota organisasi/perusahaan yang membutuhkan informasinya.

Melihat jobdesknya yang sangat berat dan memegang kunci kemajuan dari sebuah perusahaan, sudah tentu tak main-main merekrut orang untuk menjadi auditor internal, diperlukan sosok yang benar-benar kompeten dan mumpuni untuk jabatan tersebut. Hal itu juga dipengaruhi oleh keterbukaan pasar secara umum yang menimbulkan penetapan persyaratan yang jadi nyaris serupa untuk beberapa aspek khusus. Persyaratan-persyaratan tersebut mulanya hanya diterapkan di negara-negara industri dan negara maju saja, tetapi belakangan negara berkembang juga menerapkan hal yang sama. Maka karena itu, peranan seorang Auditor Internal itu sangat penting untuk menjembatani perusahaan dengan masyarakat, juga dengan lingkungannya.

Jadi singkatnya di zaman ini, lingkungan dan juga pasar tidak hanya meminta jasa atau produk yang memiliki mutu terbaik, namun juga menuntut pemenuhan persyaratan kesehatan dan juga keselamatan dalam kerja, jangan lupa juga pengendalian lingkungan supaya tetap ada dalam jalurnya yang aman serta tidak merugikan eksosistem. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka audit internal yang dimiliki oleh sebuah perusahaan harus mendapatkan pendalaman pengetahuan dan materi mengenai standar ISO yang digunakan.

Macam-Macam Standar ISO dan Pelatihan Audit Internal ISO 14001

Standar ISO yang paling banyak digunakan oleh perusahaan adalah ISO 9001, ISO 14001 dan juga ISO 27001 dan setiap auditor internal memiliki standar sistem yang sesuai dengan ISO yang digunakan oleh perusahaannya masing-masing. Saat perusahaan menerapkan ketiga standar ISO tersebut sekaligus, maka mereka butuhkan pelatihan audit internal khusus yang merupakan gabungan dari ketiga standar sistem manajemen tersebut. Hal itu menjadi solusi yang paling cerdas, walau sederhana dan memberikan biaya yang murah bagi perusahaan untuk pelatihan tim audit internalnya.

Memilih pelatihan audit internal  ISO 14001 dan ISO lainnya ini bukan main-main, sebab konsekuensinya adalah kapabilitas seorang ‘kunci’ dari perusahaan dalam menjalankan jobdesknya di dalam perusahaan tersebut. Auditor internal yang tak kompeten tentunya akan membawa kerugian yang tak sedikiti untuk perusahaan yang mempercayakan jabatan itu padanya. Maka karena itu, perusaan harus  menemukan lembaga sertifikasi yang juga capable serta terpercaya untuk menangani pelatihan bagi auditor internal ini.

Apa saja yang akan diberikan dalam pelatihan? Pelatihan audit internal ini akan meningkatkan pemahaman para auditor yang memiliki tugas untuk audit internal terpadu berdasar sistim manajemen mutu, serta lingkungan dan juga K3.  Umumnya standar yang digunakan ialah ISO 9001:2008, ada juga yang gunakan ISO 14001:2004, serta OHSAS 18001:2007, akan tetapi hal itu bisa berubah dan dengan menambahkan sistem manajemen lain yang lebih relevan.

Manfaat Pelatihan Audit Internal ISO 14001

Wajar sekali jika masih ada orang awam yang belum paham betul mengenai pelatihan ini, dan bertanya apa saja yang jadi manfaat mengikuti pelatihan ini. Yang paling utama sudah tentu adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai berbagai peran internal audit dalam menerapkan Audit Internal terintegrasi dengan Sistem Manajemen ISO 9001:2000, 14001, OHSAS, serta  SMK3. Selain itu para peserta juga diharapkan akan memahami berbagai metode dan teknik audit yang baik dan benar. Dimulai dari perencanaannya sampai dengan pelaporan akhir.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih lembaga untuk melakukan pelatihan audit internal? Yang pertama adalah perhatikan reputasi lembaga tersebut. Tak ada salahnya kita mencari lembaga sertifikasi yang sudah lama berdiri, sebab melihat dari tahun berdirinya sampai sekarang sudah menunjukkan bahwa lembaga tersebut terpercaya dan capable, pastikan lembaga tersebut sudah mencakup sertifikasi sistem manajemen (yaitu mutu dan lingkungan, serta kesehatan dan keselamatan kerja), ada sertifikasi produk dan HACCP ditambah dengan berbagai sertifikasi yang lainnya. Pastikan juga lembaga sertifikasi tersebut memiliki tim auditor yang berkualifikasi lengkap untuk sektor usaha kita.

Lembaga sertifikasi ini memang biasanya banyak terdapat di kota besar, tetapi bagaimana dengan perusahaan yang ada di daerah terpencil karena satu dan beberapa alasan tertentu? Pilihlah lembaga sertifikasi yang memiliki titik layanan yang tersebar merata di seluruh Indonesia, supaya mudah melakukan komunikasi dan lebih cepat serta lebih efektif saat melakukan pelatihan bagi tim auditor internal perusahaan tersebut.  Selain hal yang telah disebutkan, perusahaan juga harus memilih lembaga yang bermitra dengan lembaga sertifikasi  asing, kenapa? Karena hal itu juga jadi salah satu hal yang memiliki manfaat bagi perusahaan yang melakukan ekspor. Perusahaan bisa memilih lembaga sertifikasi yang memiliki mitra lembaga sertifikasi asing di negara tujuan ekspor perusahaan tersebut, supaya bisa mendapatkan lebih banyak informasi dan teknik yang berguna untuk memperlancar ekspor produk ke negara tersebut.

Pelatihan yang akan dilakukan itu dalam bentuk apa? Berbagai lembaga sertifikasi memiliki metode mereka sendiri untuk memberikan peelajaran dan pendalaman materi mengenai pelatihan audit internal ini. Akan tetapi rata-rata pelatihan akan menggunakan metode pelatihan yang familiar di kalangan masyarakat, pelatihan dan pendalaman materi diberikan seperti halnya kuliah, yakni materi akan disusun dalam bentuk pelajaran dan terbagi beberapa sesi yang harus diikuti, kemudian setelah mendapat pemahamanan yang diharapkan kemudian akan beralig pada loka karya dan juga dilakukan bahasan studi kasus yang beraneka macam. Untuk materinya itu sendiri adalah pelatihan Audit Internal Integrasi Sistem Manajemen ISO 9001:2000, 14001, OHSAS dan SMK3. Pastikan tim pengajar memiliki kompetensi yang mumpuni dalam bidang Sistem Manajemen Mutu, kemudian Lingkungan dan Keselamatan Kerja yang berkualifikasi minima IRCA Register in Quality, juga Environment and Safety Management System Lead Auditor.

Siapkanlah para wakil manajemen, juga koordinator ISO, serta QA Manager dan Internal Audit Coordinator, juga bagian perusahaan lainnya yang berwenang dan ikutilah pelatihan Audit Internal ISO 14001 ini sekarang juga!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *