Pelatihan Ahli K3 Umum Sertifikat Kemnaker

Pelatihan ahli K3 umum saat ini menjadi sorotan dan kebutuhan publik khususnya di dunia perusahaan yang berhubungan dengan peralatan, bahan ataupun lingkungan kerja yang perlu keahlian dan perhatian khusus. Zaman yang semakin berkembang selalu diiringi dengan perkembangan teknologi termasuk teknologi dalam lingkungan kerja. Peralatan kerja yang semakin canggih harus didukung dengan lingkungan dan sumberdaya manusia yang memadai. Meningkatnya kemajuan peralatan kerja dan semakin bervariasinya bahan yang digunakan dalam sebuah institusi/perusahaan tentunya memiliki resiko tersendiri yang tidak jarang resiko tersebut merugikan bahkan mengancam keselamatan seseorang. Guna meminimalkan dan mencegah terjadinya hal tersebut maka sebuah institusi/perusahaan perlu menerapkan K3.

K3 adalah kesehatan dan keselamatan kerja masyarakat baik secara rohani maupun jasmani sehingga terhindar dari resiko kecelakaan kerja. Teori mengenai K3 dapat dipelajari di institusi pendidikan, namun keahlian kompetensi K3 hanya diperoleh dengan mengikuti pelatihan ahli K3 umum yang menjadi program Kementerian Ketenagakerjaan RI. Pelatihan tersebut merupakan pelatihan khusus bagi mereka yang berminat menjadi seorang ahli K3 di sebuah perusahaan sesuai dengan UU No.1 Tahun 1970 dan pelaksanaannya berlangsung minimal 120 jam pelajaran.

Penerapan K3 dalam sebuah institusi/perusahaan memiliki dua tujuan. Pertama, untuk menciptakan lingungan kerja yang aman dan selamat berdasarkan penilaian secara kualitatif (lingkungan kerja fisik, biologis, kimia dan psikologi ergonomi) dan kuantitatif (penilaian lingkungan kerja berdasarkan perbandingan antara parameter yang ditentukan dengan nilai standar yang ada). Kedua, melakukan berbagai upaya preventif, promotif, rehabilitatif, dan kuratif untuk menciptakan kondisi lingkungan kerja yang sehat untuk karyawan, keluarga, dan masyarakat disekitar.

Perusahaan yang menerapkan K3 lebih terpercaya karena keselamatan kerja karyawannya terjamin. Peserta yang mengikuti pelatihan ahli K3 umum akan memperoleh lisensi K3. Adapaun untuk lebih jelasnya apa saja persyaratan mengikuti pelatihan dibahas di bawah ini:

  1. Peserta setidaknya berpendidikan sarjana dan berpengalaman di bidang keahliannya minimal selama 2 tahun.
  2. Peserta sekurang-kurangnya berpendidikan sarjana muda atau sederajat dan berpengalaman di bidang keahliannya minimal selama 4 tahun.

Peserta yang telah mengikuti pelatihan menjadi calon tenaga ahli K3 umum yang akan menjadi pemonitor keselamatan kerja. Nah, setelah membahas mengenai K3 tentunya timbul sebuah pertanyaan bagaimana cara memperoleh sertifikat dan tips mengikuti pelatihan. Sebelum membahas tentang tips mengikuti pelatihan ahli K3 umum  sekarang akan dibahas bagaimana prosedur untuk memperoleh sertifikat, SKP, dan lisensi:

  1. Mengikuti pelatihan yang diadakan oleh kemnaker, setelah 3-6 bulan kemnaker akan menerbitkan sertifikat, SKP, dan lisensi.
  2. Setelah mengikuti pelatihan setiap peserta mendapatkan serttifikat salon ahli K3 umum.
  3. Peserta yang belum bekerja (fresh graduate/mahasiswa akhir), SKP dan lisensi akan diproses menyusul setelah bekerja di sebuah perusahaan dengan syarat:
  4. Perusahaan memberikan surat permohonan penunjukan sebagai ahli K3
  5. Memilki surat keterangan kerja dari perusahaan
  6. Menyerahkan fotokopi sertifikat calon ahli k3 umum
  7. Penerbitan SKP dan lisensi dapat diproses oleh peserta secara mandiri ke Kemnaker RI maupun melalui pihak perantara penyedia jasa pelatihan ahli K3 umum.

Ahli K3 umum adalah seseorang yang ditunjuk pemerintah sebagai pengawas dalam pekerjaan di tempat kerja agar sesuai dengan koridor undang-undang pemerintah yang telah ditetapkan. Hal ini dimaksudkan agar dapat menekan resiko terjadinya insiden, baik karena kecelakaan ataupun penyakit saat kerja. Penunjukan ahli K3 umum telah diatur dalam Permenaker No.2 Tahun 1992 dimana setiap perusahaan dengan jumlah karyawan 100 orang atau lebih, atau memiliki pekerjaan beresiko tinggi, wajib memiliki P2K3 dan setidaknya 1 ahli K3 umum yang telah mengikuti pelatihan ahli K3 umum.

Selain itu, peserta juga diharapkan memiliki berbagai kemampuan yang diperoleh dari pelatihan tersebut, diantaranya yaitu:

  1. Mampu menjelaskan tanggung jawab, wewenang, dan tugas AK3
  2. Mampu menjelaskan hak pekerja dalam bidang K3
  3. Mampu menjelaskan bahwa penerapan K3 menguntungkan perusahaan para pengusaha
  4. Mampu menjelaskan tujuan SMK3 (sistem manajemen K3)
  5. Mampu menjelaskan sistem/tahapan pelaporan kecelakaan
  6. Mampu melakukan analisa terhadap sebuah kasus kecelakaan, menemukan faktor penyebabnya, serta dapat menyususn laporan kecelakaan terhadap pihak yang berhubungan
  7. Mampu mengenal dan memahami mengenai wewewnang organsasi, tanggungjawab, dan tugas dari P2K3.

Penyelenggaraan pelatihan ahli K3 umum biasanya dilakukan oleh instansi tertentu yang menyediakan jasa untuk mengadakan pelatihan. Tentunya pihak perantara telah bekerjasama dengan Kemnaker RI untuk memberikan materi di dalamnya. Sebagai seorang pekarja yang terdidik tidak perlu khawatir tentang bagaimana caranya mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak tertentu. Nah, berikut ada solusi untuk menjawab kekhawatiran tersebut sebagaimana akan diulas tips-tips memilih instansi yang menyelenggarakan pelatihan ahli K3 umum seperti di bawah ini:

  1. Mengenal profil perusahaan

Perusahaan penyedia jasa pelatihan di Indonesia ada banyak, namun tidak semuanya memiliki profil perusahaan yang jelas. Oleh karenya anda harus jeli dalam memilihnya. Pastikan anda menanyakan hal tersebut pada orang disekitar anda seperti keluarga, sahabat, atau teman yang pernah memakai jasa tersebut dan bagaimana testimoninya. Dengan demikian profil perusahaan penyedia jasa dpat dengan mudah diketahui.

  1. Memilki keahlian, pengalaman, dan kompetensi

Konsultan jasa yang sudah terpercaya selalu memilki keahlian, pengalaman, dan kompetensi yang tak perlu diragukan. Ketiga kriteria tersebut menunjukkan kemampuan perusahaan penyedia jasa dalm bidangnya sehingga dapat meberikan pelayanan yang memuaskan dan sesuai harapan.

  1. Memilih penyedia jasa dengan legalitas yang transparan

Semakin ketatnya kompetisi perusahaan penyedia jasa dan semakin banyaknya pihak yang membutuhkan menyebabkan munculnya penyedia jasa yang bergerak secara ilegal. Anda harus bijak dalam memilih perusahaan yang mampu melkasanakan pelatihan ahli K3 umum memilki legalitas yang jelas agar memudahkan dalam meminta pertanggungjawaban apabila ada masalah.

  1. Memiliki arahan yang jelas

Suatu instansi yang menanungi sebuah pelatihan harus memilki arahan yang jelas sehingga tidak membingungkan konsumen. Arahan yang ambigu hanya akan membingungkan anda, sehingga pastikan anda memilih instansi yang jelas arahannya.

  1. Adanya paket khusus

Nah, anda yang gemar dengan promo dan paket khusus perlu mencoba hal ini. Paket khusus dpat diperuntukkan bagi peserta yang ulang tahun saat diadakannya pelatihan. Paket ini memberikan penawaran yang menaraik dan lebih menggiurkan bagi para konsumen. Tentunya anda harus tetap memilahnya dengan bijak, dan jangan sampai anda dirugikan dengan hal tersebut.

  1. Pelayanan dan penyedia jasa

Tarif yang ditetapkan oleh suatu perusahaan penyedia jasa selalu relevan dengan pelayanan yang diberikan, semakin bagus pelayanannya tentu saja tarifnya lebih tinggi. Nah, anda tidak perlu khawatir jika budget yang dimilki rendah, karena anda tetap bisa memilih tarif yang rendah, namun tetap memperhatikan keahlian, pengalaman dan kompetensinya.

K3 ialah sebuah bidang yang berkaitan dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan masyarakat yang bekerja di suatu instansi/perusahaan. Peran K3 dalam sebuah perusahaan adalah untuk menjamin perlindungan keselamatan kerja para pekerja dari resiko kecelakaan. Oleh karennya penting untuk mengikuti pelatihan ahli K3 umum agar dapat memberikan naungan yang menjamin keselamatan dan kesejahteraan para pekerja .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *