Jasa Perpanjangan Surat Ijin Operator (SIO)

Jasa perpanjangan surat ijin operator SIO menjadi kebutuhan pokok suatu perusahaan guna meningkatkan standarnya dan kualitas pekerjanya. Persaingan dunia bisnis yang semakin ketat seiring dengan pesatnya perkembangan zaman dan kemajuan teknologi mengharuskan suatu perusahaan agar lebih keras lagi berusaha memenangkannya. Salah satu tiket untuk meraih kemenangan tersebut adalah dengan adanya para pekerja yang memiliki kualifikasi tertentu pada bidangnya sesuai dengan standar SIO.

SIO merupakan singkatan dari surat ijin operator, adalah suatu surat ijin atau sejenis sertifikat yang diberikan kepada seseorang terkait ijin perorangan dalam hal kelayakan mengoperasikan alat angkat dan angkut. Mereka memiliki peran yang penting untuk mengukur kemampuan dan kelayakan para operator yang menjadi salah satu starter untuk menunjukkan kualitas suatu perusahaan di persaingan bisnis secara global.

Kepemilikan SIO diperuntukkan secara perorangan, mereka yang memilikinya layak untuk menjadi operator dalam sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan mereka telah memiliki jaminan kelayakan atas kompetensi yang dimiliki, dengan demikian mutu pekerja yang ada dapat menggiring suatu perusahaan menjadi lebih terpercaya kualitasnya. Masa berlaku SIO relatif singkat sehingga perlu diperpanjang, oleh sebab itu jasa perpanjangan surat ijin operator menjadi penting agar pekerja dan perusahaan lebih berkompeten.

Sertifikat SIO menjadi salah satu kriteria dalam penilaian SMK3 yang diharuskan sesuai dengan Permennaker No.PER.05/MEN/1985 tentang pesawat angkat dan angkut dan Undang-Undang No.1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Kelayakan seorang operator berdasarkan SIO erat kaitannya dengan peminimalan terjadinya kecelakaan kerja saat mengoperasikan alat/pesawat angkat dan angkut. Perolehan sertifikat SIO ini tentunya harus berdasarkan keterampilan yang dimiliki seeorang/calon pekerja pada bidang yang diminati. Sertifikat ini hanya berlaku selama 5 tahun, selanjutnya diperlukan jasa perpanjangan surat ijin operator untuk me-renew sertifikat tersebut. Sebelum membahas mengenai jasa perpanjangan surat ijin operator berikut adalah prosedur dan persyaratan untuk memperoleh SIO:

  1. Mendaftarkan diri ke Disnakertrans setempat
    Setiap daerah di kabupaten seluruh Indonesia memiliki Disnakertrans masing-masing dimana mereka melayani masyarakat dalam hal ketenagakerjaan dan transmigrasi. Pendaftaran diri ke Disnakertrans disertai dengan membawa berbagai persyaratan yang telah ditentukan. Selain mendaftarkan diri, pendaftar juga dapat menanyakan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan SIO.

    1. Memenuhi berbagai persyaratan seperti di bawah ini:
    2. Menempuh pendidikan minimal tingkat SMA atau sederajat khusus untuk operator kelas I dan II peralatan angkat, serta minimal lulus pendidikan SMP untuk operator kelas III peralatan angkat.
    3. Memiliki pengalaman minimal tertentu dalam pelayanan di bidangnya berdasarkan kelas masing-masing sebagai operator peralatan angkat. Kelas I minimal berpengalaman selama 5 tahun, kelas II minimal bepengalaman 3 tahun, serta kelas III minimal berpengalaman selama 1 tahun.
    4. Kondisi tubuh/badan sehat berdasarkan surat keterangan dari dokter
    5. Memiliki batas usia minimal tertentu sesuai kelas masing-masing sebagai operator peralatan angkat. Kelas I paling tidak berumur 23 tahun, kelas II paling tidak berumur 21 tahun, serta kelas III paling tidak berumur 21 tahun.
    6. Memiliki Lisensi K3 dan buku kerja.
    7. Mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Badan Inspeksi Independen atau Konsultan

    Peserta yang mengikuti pelatihan/training operator akan mendapatkan berbagai materi yang berkaitan dengan SIO agar memperoleh sertifikasi surat ijin operator.

    Selanjutnya, setelah memperoleh SIO pekerja dapat menjadi operator pada alat angkat dan angkut selama masa berlakunya masih aktif. Perpanjangan masa berlaku SIO dapat dilakuan melalui jasa perpanjangan surat ijin operator yang terpercaya dan berpengalaman. Nah, pasti timbul berbagai pertanyaan bagaimana prosedur untuk melakukan perpanjangan SIO, untuk lebih jelasnya simak ulasan di dibawah ini:

    1. Menghubungi Disnakertrans setempat

    Surat ijin operatorĀ  dikeluarkan oleh disnakertrans setempat, sehingga hal-hal mengenai perpanjangan masa berlakuĀ  SIO paling tepat diketahui oleh pihak disnakertrans. Selanjutnya disnakertrans akan memberikan arahan mengenai
    prosedur perpanjangan SIO. Tidak jarang, pihak disnakertrans biasanya akan menyarankan peserta atau bekerjasama dengan pihak jasa perpanjangan surat ijin operator.

    1. Memastikan masa berlaku SIO

    Sebelum melakukan proses perpanjangan pastikan masa berlakua SIO telah mendekati masa kadaluwarsa atau telah kadaluwarsa.

    1. Peserta memenuhi berbagai persyaratan untuk memperpanjang SIO, persyaratan ini tentunya merupakan persyaratan umum yang juga sering diajukan oleh jasa perpanjangan surat ijin operator,berikut persyaratan yang dimaksudkan:
    2. Peserta telah mengikuti training Operator atau teknisi K3, sebagai bukti telah memiliki sertifikat SIO sebelumnya.
    3. Peserta memilki SKP SIO asli
    4. Peserta memiliki kartu kewenangan Ahli K3 Umum yang asli serta fotokopiannya
    5. Peserta mengajukan surat permohonan resmi dari perusahaan untuk melakukan proses perpanjangan dan/atau perpindahan nama perusahaan pada SKP serta kartu kewenangan yang ditujukan untuk Direktur PNK3 (Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawsan Ketenagakerjaan, Kementerian Tenaga Kerja).
    6. Peserta menyertakan pas foto berwarna (4×6 sebanyak 2 lembar, 3×4 sebanyak 2 lembar, 2×3 sebanyak 2 lembar) dengan background berwarna merah.

    Setelah mengetahui berbagai ulasan mengenai pengertian SIO, fungsi dan manfaatnya, cara perolehannya, serta bagaimana prosedur untuk memperpanjang masa berlaku SIO, tentunya timbul sedikit pertanyaan tentang perlukah memakai jasa perpanjangan surat ijin operator atau bagaimana cara memilih penyedia jasa/konsultan dengan tepat?. Nah, untuk menjawab kebingungan tersebut berikut sedikit tips bagaimana cara mencari jasa konsultannya:

    1. Informasi mengenai penyedia jasa

    Penyedia jasa perpanjangan surat ijin operator di Indonesia ada banyak, oleh karenanya perlu kejelian untuk memilihnya. Apabila ragu atau bingung, tidak

  2. ada salahnya jika bertanya kepada keluarga, sahabat, atau teman yang pernah menggunakan jasa tersebut dan bagaimana testimoni mereka. Saat memilih jasa konsultan pastikan untuk memilih yang bukan sembarangan melainkan yang reputasinya bagus.
    1. Memilih penyedia jasa yang ahli, berpengalaman, dan berkompeten

    Konsultan yang baik biasnya memiliki tiga kriteria penting yaitu ahli, berpengalaman, dan kompeten. Konsultan juga harus ahli dalam bidangnya sehingga dapat menyelesaikan permasalahan.

    1. Mengecek portofolio penyedia jasa

    Portofolio penyedia jasa perlu untuk diketahui agar tahu tentang rekam jejak penyedia jasa tersebut seuai kriteria atau tidak.

    1. Memilih penyedia jasa dengan legalitas yang jelas

    Sekarang ini banyak para penyedia jasa abal-abalan yang bertindak secara ilegal, sehingga tidak jarang banyak pihak yang dirugikan. Oleh karenanya perlu memilih penyedia jasa yang memilki legalitas jelas, sehingga apabila terjadi hal yang tidak diharapkan/masalah dapat dengan mudah untuk mengurusnya dan meminta pertanggung jawaban.

    1. Pelayanan dan harga penyedia jasa

    Pelayanan jasa seorang konsultan biasanya bebanding lurus dengan harga yang mereka tawarkan. Apabila konsultan jasa tersebut berkompeten, maka harga yang diminta akan tinggi. Namun demikian, bagaimana jikalau budgetnya rendah?, tentu saja tidakĀ  masalah untuk memilih jasa konsultan yang bertarif rendah namun tetap berpengalaman dan berkompeten.

    Sertifikasi SIO merupakan suatu surat ijin keterampilan seorang pekerja yang ahli pada bidangnya sebagai operator peralatan angkat dan angkut pada masa berlaku yang telah ditentukan. Sertifikat tersebut bermanfaat bagi pekerja dan juga perusahaan dimana keterampilan seorang pekerja akan membawa dampak yang positif bagi perkembangan dan kemajuan sebuah perusahaan untuk dapat bersaing. Pemilihan penggunaan jasa perpanjangan surat ijin operator (SIO) yang tepat akan meningkatkan kualitas pekerja dan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *