Jasa Perpanjangan SKP & Kartu Lisensi

Jasa Perpanjangan SKP & Kartu Lisensi Untuk Surat Keterangan Penunjukan Sertifikasi AK3 Umum, dll

Saat ini sudah banyak tersedia jasa perpanjangan SKP ahli AK3 umum. Perpanjangan ini bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa prosedur persyaratan yang diharuskan. Calon ahli AK3 atau ahli kesehatan dan keselamatan kerja. Seperti yang diketahui, kesehatan dan keselamatan kerja sudah menjadi elemen penting yang harus menjadi jaminan pada suatu organisasi atau perusahaan, terlepas dari industri bidang apapun yang dikelola. Keberadaan ahli AK3 ialah untuk memastikan bahwa setiap SOP dan manual K3 diimplementasikan dengan baik diperusahaan.

 

Keselamatan dan kesehatan kerja menjadi perhatian khusus tidak hanya di Indonesia saja tapi juga dinegara-negara lainnya. Kini, perusahaan apapun dituntut untuk mengimplementasikan persyaratan K3. Memang pada awalnya sistem K3 ini hanya diterapkan di perusahaan atau industri dengan tingkat resiko kecelakaan kerja yang tinggi seperti pertambangan minyak atau gas, proyek konstruksi, dll. Namun kini K3 wajib diaplikasikan di perusahaan apapun termasuk perusahaan yang bergerak dibidang makanan dan minuman sekalipun.

 

Kini, telah ada profesi sebagai ahli K3 atau AK3. Profesi ini cukup menjanjikan. Dan oleh karena itu banyak yang tertarik untuk mencoba profesi ini. Namun profesi sebagai ahli K3 juga tidak bisa sembarangan diraih. Kita harus melewati tahapan pembinaan, sertifikasi dan barulah ke tahap penunjukan sebagai ahli K3 Umum. Sertifikasi dan penunjukan pada para calon ahli K3 sendiri merupakan program pemerintah. Program ini diharapkan bisa mengurangi resiko kecelakaan kerja. Dengan begitu, perusahaan bisa meningkatkan profit, produktivitas, dan menjaga citra positif.

 

Penunjukan ahli K3 umum sendiri telah diatur oleh Pemerintah dalam Permenaker no. 2 tahun 1992. Jadi, ketentuannya sudah diatur dengan jelas. Perusahaan hanya tinggal mengikuti guide tersebut dan mematuhi setiap ketentuan yang ada. Dalam peraturan tersebut, perusahaan yang diwajibkan mengikuti pembinaan K3 ialah mereka yang memiliki minimal 100 orang karyawan. Selain itu, perusahaan yang bergerak dibidang pekerjaan yang beresiko tinggi, wajib mengikuti pembinaan atau pelatihan K3 plus seorang ahli K3 minimal.

 

SKP untuk ahli AK3 Umum

Mereka yang telah mengikuti pelatihan dan pembinaan K3, maka akan diberikan SKP atau Surat Keputusan Penunjukan ahli K3 Umum. Ini merupakan surat keputusan yang resmi dikeluarkan oleh Kemnaker RI. SKP dan lisensi seerta sertifikat biasanya diberikan 2-3 bulan setelah pelatihan selesai diikuti. Bagi peserta yang sudah bekerja di perusahaan, SKP serta lisensi akan diproses secara langsung. Namun untuk peserta yang belum bekerja diperusahaan, maka SKP dan lisensi akan diproses menyusul setelah peserta bekerja di Perusahaan.

 

Persyaratan perpanjangan SKP

Anda yang hendak melakukan perpanjangan SKP tidak perlu bingung karena anda bisa menyerahkan prosesnya pada penyedia jasa perpanjangan SKP. Namun, anda tentunya harus tahu perysaratan apa saja yang harus dipenuhi. Berikut diantaranya:

  • SKP ahli K3 Umum yang asli
  • Kartu Kewenangan Ahli K3 Umum yang asli
  • Photocopy sertifikar ahli K3 Umum
  • Surat permohonan yang resmi dikeluarkan oleh perusahaan tempat bekerja untuk memproses perpanjangan maupun pindahan dengan kesesuaian nama perusahaan pada SKP serta kartu kewenangan yang ditujukan pada Direktur PNK3 atau Direktorat Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan, Kementerian Tenaga Kerja.
  • Pas foto dengan latar merah 4×6 dua lembar, 3×4 dua lembar, dan 2×3 dua lembar.

 

Untuk biaya jasa perpanjangan SKP sendiri bervariasi tergantung dari penyedia jasa yang anda pilih. Anda mungkin akan sedikit bingung dalam memilih penyedia jasa yang terpercaya. Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk membantu anda memilih penyedia jasa yang terpercaya:

  • Penyedia jasa yang dapat dipercaya biasanya bekerja secara profesional dengan mendahulukan kepentingan kliennya. Penyedia jasa profesional biasanya fokus pada tugas yang ia harus kerjakan dan tidak banyak membuang waktu.
  • Pilihlah penyedia jasa perpanjangan SKP yang memberikan informasi secara terperinci baik itu seputar proses perpanjangan, lamanya pengerjaan, sampai pada biaya yang harus anda keluarkan. Transparansi dalam hal informasi adalah penting untuk membangun kepercayaan. Jadi, pilihlah penyedia jasa yang tidak menutup-nutupi informasi apapun.
  • Pilih pula penyedia jasa yang memang sudah memiliki reputasi yang baik dibidangnya. Biasanya penyedia jasa seperti ini sudah memiliki banyak klien dengan testimoni positif. Namun anda mungkin harus membayar biaya yang sedikit lebih mahal pada penyedia jasa dengan reputasi tinggi. Tapi tentu saja ini bukan masalah jika hasilnya sebanding.
  • Untuk efisiensi, akan lebih mudah untuk anda memilih penyedia jasa perpanjangan SKP Prosesnya tidak memakan waktu lama dan anda tidak perlu membuang banyak waktu. Namun pastikan untuk melakukan riset kecil-kecilan sebelum memilih penyedia jasa yang anda anggap bisa diandalkan.

 

Mengingat pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja, saat ini setiap perusahaan memang diwajibkan untuk memiliki tenaga ahli dibidang K3 Umum. Bagi setiap individu sendiri, mengikuti program pembinaan K3 Umum bisa menjadi investasi yang baik untuk jalur karir dimasa depan. Anda yang tertarik untuk menjadi ahli K3 Umum dan sedang bekerja diperusahaan bisa mengikuti program pelatihan yang difasilitasi perusahaan anda. Ini bisa menjadi peluang sukses anda dimasa yang akan datang.

 

Kini banyak perusahaan yang bergerak dibidang konsultasi K3. Jasa yang tersedia termasuk pelatihan K3 yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah, perusahaan swasta, maupun perorangan. Menjadi seorang ahli K3 Umum berarti anda memiliki kewajiban sebagai berikut:

  • Mampu menerangkan serta menjelaskan apa saja tugas, kewenangan dan tanggung jawab yang dimiliki seorang ahli K3.
  • Mampu menginformasikan secara jelas mengenai apa saja hak-hak pekerja dibidang K3.
  • Mampu memberikan penjelasan pada pihak perusahaan tentang konsep K3 dan peranannya bagi perusahaan. Ini karena K3 sendiri merupakan sistem yang membantu perusahaan untuk mengantisipasi dan mengendalikan potensi kecelakaan ditempat kerja.
  • Mampu menjelaskan serta mengimplementasikan sistem manajemen K3.
  • Mampu menganalisan berbagai kasus kecelakaan kerja diperusahaan.
  • Mampu mengidentifikasi objek pengawasan K3.
  • Mampu menerangkan apa saja peryaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi dan diikuti sesuai peraturan Undang-Undang yang berlaku.
  • Mampu melakukan audit diruang lingkup kerja sehingga mampu mengestimasi target pencapaian yang telah ditargetkan perusahaan.

 

Menjadi seorang ahli K3 Umum tidak hanya berdampak positif bagi perusahaan tempat anda bekerja tetapi juga untuk anda sendiri. Anda memiliki kesempatan untuk mengawasi dan mengatur jalannya standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja ditempat anda bekerja. Anda juga memiliki wawasan pengetahuan tambahan selain dari bidang yang anda kuasai ditempat kerja. Anda yang sudah mengikuti pembinaan dan pelatihan AK3 Umum maka akan menerima SKP yang biasanya terbit 2-3 bulan setelah pelatihan selesai diikuti. Jika masa berlakumya sudah habis, maka anda bisa menggunakan jasa perpanjangan SKP untuk memperpanjang masa berlakunya. Prosesnya tidaklah sulit, karena anda hanya tinggal menyerahkan persyaratn dokumen yang ditentukan dan menunggu perpanjangan SKP keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *