Jasa Konsultasi Sertifikat ISO 14001; 2015

Dalam artikel kali ini kita akan membahas seputar Sertifikat ISO 14001;2015, namun sebelumnya kita ketahui dulu apa itu ISO 14001 ; 2015? ISO 14001 merupakan suatu sistem manajemen lingkungan yang meliputi manajemen prusahaan diantaranya ; organisasi, perencanaan, praktek, tanggung jawab, prosedur, proses, dan yang terpenting dari ISO adalah sumber daya yang bertugas untuk mengembangkan sistem manajemen ini. jika sumberdaya sudah terpenuhi dengan baik maka semua sistem bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Sistem menajeman lingkungan sendiri telah diterbitkan sejak bulan September tahun 1996 yang diberi nama dengan ISO 14001 dan ISO 14004. Kedua ISO tersebut dpastinya memiliki perbedaannya satu sama lainnya. ISO 14001 sebagaimana telah diketahui sebelumnya ISO 14001 merupakan sistem manajemen lingkungan yang isinya mengenai spesifikasi persyaratan serta panduan dalam penggunaannya. Sedangkan untuk ISO 14004 ini merupakan sistem manajemen lingkungan yang isisnya berisikan tentang beberapa panduan mengenai prinsip, sistem, dan beberapa teknik pendukung lainnya.

Lalu apa saja tujuan diadakannya Sistem Manajemen Lingkungan atau ISO 14001 ini bagi lingkungan sekitar? ISO 14001;2015 bertujuan supaya semua organisasai atau bisa dikatakan perusahaan untuk mengembangkan serta menerapkan suatu kebijakan yang mana berkomitmen untuk bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar, misalnya saja terhadap keberlangsungan sumber daya baik itu sumber daya manusia maupun sumber daya alam, kemudian mencegah terjadinya polusi yang bisa berdampak buruk bagi lingkungan. Dengan itu ISO untuk hadir untuk meminimalisir semua dampak negatif yang mungkin akan ditimbukan dikemudian hari.

Sebelum melakukan konsultasi mengenai sertifikat ISO 14001 ;2015, kita harus ketahui siapa yang berhak menggunakan ISO 14001 ini. pada dasarnya ISO 14001 bisa digunakan oleh setiap organisasi atau perusahaan yang berkeinginann untuk mendirikan, mempertahankan atau bahkan ingin mempertahankan sistem manaejemen lingkungan. Dan ketika sebuah perusahaan beroperasi harus mengetahui dulu apa dampak yang akan terjadi bagi lingkungan. Baik itu dampak positif maupun dampak negatif anda harus mengetahuinya dulu.

Dan pada dasarnya dampak tersebut bisa diklasifikasikan menjadi dua bagian yaitu pertama dampak bio kimia fisik yaitu dampak yang menyemabkan terjadinya pencemaran air, pencemaran udara (polusi), dan bisa mengurangi cadangan air bersih, dan kedua dampak sosial. Kedua dampak ini bisa mempengaruhi selain bisa menggannggu kinerja perushaaan bahkan bisa memberikan kerugian yang besar bagi perusahaan. Contohnya saja pencemaran air akibat limbah yang bearasal dari perusahaan yang dekat aliran sungai yang mana perushaan tersbut secara sembarangan membuang limbah-limbah kotor ke sungai. Hal semacam ini bisa menyebabkan masyarakat akan meminta pertanggung jawaban terhadap perusahaan tersebut, bahkan bisa dituntut dengan tuntutan pidana atau perdata.

Nah untuk itu perusahaan diwajibkan untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan atau ISO 14001, karena dengan menerapkan ISO 14001 maka perusahaan tersebut setidaknya telah berkomitmet untuk memperbaiki secara terus menerus.

ISO 14001 pertama kali dikembangkan dari konsep Total Quality Management (TQM) yang mana memegang prinsip pada sebuah aktifitas PDCA yaitu, Plan Do Check Action, sehingga semua elemn utama pada EMS akan mengikuti prinsip PDCA, adapun prinsip dasar dari EMS yang bisa kita ketahui diantarannya :

  • Kebijakan llingkungan

Semua kebijakan lingkungan harus didokumentasikan serta diinformasikan kepada seluruh pegawai dan mayarakat, dan kebijakan ini harus mencakup komitment perusahaan terhadap perbaikan berkelanjutan, kemudian pencegahan, dan mematuhi semua peraturan.

  • Perencanaan

Perencanaan ini harus mencakup semua identifikasi aspek lingkungan dari seluruh kegiatan organisasi. Dan semua tujuan dan sasaran yang sebelumnya sudah direncakan harus berjalan terus bahkan harus konsisten dalam menjalankannya.

  • Penerapan dan Operasi

Penerapan dan operasi ini harus meliputi beberapa aspek yaitu definisi, dokumentasi, komunikasi peran, serta bisa bertanggung jawab

  • Pemeriksaan

Pemeriksaan bertugas dalam memantau dan mengukur seluruh kegiatan yang berlangsung dalam menjalankan kinerja sistem menejemen lingkungan.

  • Tijauan ulang manajemen

Tingjaun ulang manajemen ini dilakukan untuk mengkaji ulang secara periodik sistem menejemen lingkungan secara kesluruhan, tujuannya untuk  menentukan kesesuaian serta untuk mengetahui seberapa efektifitasnya sistem menejemen lingkungan terhadap perubahan yang terjadi selam program ini berjalan.

Adapun manfaat yang bisa kita dapatkan dari adanya Sertifikat ISO 14001; 2015 terutama bagi perushaan yang bisa kita ketahui sebagai berikut :

  1. Mampu meningkatkan eksistensi perusahaan.
  2. Meminimalisir terjadinya konflik baik antar perusahaan, pekerja dengan pihak-pihak lain.
  3. Meningkatkan produktifitas
  4. Mampu mengatasi permasalahan yang terjadi di masa yang akan datang.
  5. Bisa memenuhi semua peratuuran lingkungan dengan lebih efisien, terstruktur dan terencana,
  6. Menjauh dari citra buruk prusahaan yang sering di cap negatif akibat dari pencemaran lingkungan
  7. Bisa menciptakan lingkungan yang lebih nyaman, bersih bebas dari yang namanya polusi.
  8. Meminimalisisr terjadinya resiko penyakit berbahaya akibat lingkungan yang kurang ssehat akibat air, polusi yang tercemar oleh limbah pabrik misalnya.
  9. Mampu meminimalisisr pengeluaran biaya.
  10. Mengurangi jumlah karyawan,
  11. Mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat.
  12. Mengantisifasi persaingan dengan perusahaan lain yang bekerja dalam bidang yang sama.
  13. Meningkatkan hubungan dengan warga dan lingkungan sekitar.
  14. Berkurangnya penggunaan bahan-bahan kimia yang bisa merusak lingkungan, seperti sungai.
  15. Meredam emosi masyarakat terhadap tercemarnya lingkungan mereka.
  16. Meminimalisir kemacetan dan kebisingan.
  17. Meningkatkan hubungan baik dengan para konsumen atau custumer.

Pada dasarnya ISO 14001;2015 tidak hanya dilihat dari bagaimana menentukan tujuan dalam menjaga kelestarian lingkungan kepada arah yang lebih baik, tetapi ISO 14001 ini lebih mengutamakan kearah bagimana kita bisa mencapai tujuan pengelolaan lingkungan yang telah ditargetkan sebelumnya. karena itu kesuksesan dari sistem menejemen lingkungan atau ISO 14001 dilihat dari komitmen mereka dalam berorganisasi.

Maka untuk itu setiap perusahaan harus menerapkan sistem menejemen lingkungan. Dan jika anda sudah tertarik untuk menerapkan ISO 14001, untuk itu kami dari jasa konsultasi ISO 14001;2015 akan memberikan konsultasi mengenai ISO 14001  berdasarkan pedoman dari badan sertfikikasi ISO 14001;2015.

kami juga akan memeberikan pelatihan dan training ISO 14001 untuk mendapatkan sertifikat ISO 14001; 2015 dan ciptakanlah lingkungan yang aman, nyaman, bersih, terbebas dari polusi, pencemaran air, dan pencemaran udara.  Untuk itu segera percayakan perusahaan anda kepada kami, dan kami siap memberikan jasa konsultasi ISO 14001;2015 hingga anda mendapatkan audit sertifikat ISO 14001 dari badan sertifikasi iternnasional.

Demikian hanya ini saja yang bisa kami berikan kepada anda, semoga dengan adanya informasi mengenai ISO 14001;2015 semua organisasi baik itu perusahaan ataupun hal lainya, bisa tersadar dalam menjaga lingkungannya. Dan semoga ISO 14001 ; 2015 ini bisa dipelajari, dan dipahami serta dapat diterapkan oleh semua perusahaan-perusahaan di Indonesia dan seluruh perusahaan di Dunia. Semoga informasi yang kami bagikan ini bisa bermanfaat, terimakasih. Dan jangan lupa baca juga artikel-artikel menarik kami lainnya disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *