Jasa Konsultasi Sertifikasi OHSAS 18001:2007

Sebelum membahas jasa konsultasi sertifikasi OHSAS 18001:2007, alangkah lebih baik apabila kita membahas pengertian dari sistem manajemen K3 atau OHSAS 18001 terlebih dahulu. Yang disebut sebagai OHSAS adalah kependekan dari Occupational Health and Safety Assesment Series-18001 yang merupakan sebuah standar internasional untuk menerapkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja atau juga telah biasa disebut sebagai Manajemen K3 . Yang menjadi tujuan diadakannya OHSAS 18001 itu sendiri sebenarnya tak begitu jauh berbeda dengan tujuan diadakannya Sistem Manajemen K3 Permenaker, yang tak lain adalah sebuah perlindungan terhadap para pekerja dari berbagai hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa timbul dari lingkungan kerja yang berhubungan dengan pekerjaan itu sendiri, yang dampaknya adalah kesehatan dan juga keselamatan dari para pekerja. Selain itu juga tidak timbulkan kerugian apapun bagi pekerja dan perusahaan itu sendiri.

Sebab apabila ada kecelakaan kerja, maka efeknya adalah terciptanya sebuah citra buruk dari perusahaan dan  mampu menurunkan image perusahaan sangat cepat di mata klien, bahkan di mata media dan juga para pekerja lainnya. Seperti yang banyak dikabarkan di media massa, begitu banyak perusahaan yang tak ramah lingkungan dan pekerja, memilki dampak yang negatif untuk  ekosistem serta keselamatan para pekerjanya, oleh sebab itu adanya manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja (Manajemen K3) ini sangat dibutuhkan sebagai sebuah jaminan bagi para pekerja yang bekerja disana. Ini juga menjadi alasan utama mengapa semua perusahaan besar (terutama perusahaan OIL&GAS) akan mewajibkan semua mitranya itu setidaknya minimal sudah mengimplementasikan sistem Manajemen K3 atau juga sudah biasa disebut dengan CSMS ( kepanjangannya adalah Contractor Safety Manajemen System ), bahkan supaya bisa mengikuti tender khusus pada bidang oil dan gas, maka syarat utamanya adalah perusahaan wajib memiliki dokumen K3LL yang lengkap.

Beralih pada standar penerapan OHSAS 18001, di dalam standar OHSAS itu mengandung beberapa macam komponen utama yang sifatnya wajib untuk dipenuhi oleh perusahaan di dalam penerapan Sistim Manajemen K3 untuk perusahaannya secara berkesinambungan. Yang menjadi komponen utama dari standar OHSAS 18001 itu dalam penerapannya di perusahaan tak lain adalah :

  1. Harus ada komitmen dari semua managemen perusahaan tentang keberadaan Sistem Manajemen K3 .
  2. Harus ada perencanaan atau analisis tentang program-program Sistem Manajemen K3 di dalam perusahaan
  3. Diharapkan melakukan implementasi atau penarapan Sistem Manajemen K3 di dalam perusahaan itu sendiri
  4. Ada pemeriksaan dan juga tindakan koreksi terhadap pelaksanaan Sistem Manajemen K3 di perusahaan tersebut
  5. Melakukan Review dari manajemen perusahaan tentang kebijakan Sistem Manajemen K3 untuk di praktekkan dalam semua kegiatan perusahaan secara berkesinambungan.

Jika kita simak berdasarkan kelima komponen utama yang ada di atas, maka tahapan di dalam penyusunan Sistem Manajemen K3 itu menurut OHSAS 18001 telah dibagi menjadi 7 tahapan. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Untuk melakukan indentifikasi resiko secara dini dan juga bahaya kepada lingkungan
  2. Diharapkan untuk bisa menyesuaikan atau bisa melaksanakan ketetapan UU ditambah juga semua peraturan hukum yang sedang berlaku
  3. Untuk menetapkan sebuah target khusus bagi perusahaan dalam pelaksana program tersebut di masa yang akan datang
  4. Sangat diharapkan supaya semua komponen yang ada dalam perusahaan akan melaksanakan program perencanaan tersebut demi segera tercapainya target danjuga objek yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut
  5. Tahapan berikutnya mengharuskan adanya sebuah perencanaan menyeluruh terhadap kejadian darurat dalam operasional perusahaan
  6. Selalu melakukan review ulang terhadap semua target dan para pelaksana systemnya
  7. Ambil penetapan kebijakan sebagai salah satu bentuk usaha untuk mencapai kemajuan yang saling menyambung satu sama lainnya.

Ketahuilah bahwa tahapan penerapan yang ini memiliki perjalanan yang lebih panjang jika kita  bandingkan dengan penerapan Sistem Manajemen K3 yang dilaksanakan menurut permenaker, akan tetapi jika dilihat dari segi isi, maka memang tidak ada perbedaan yang signifikan. Seiring dengan upaya pelaksanaan OHSAS 18001 dalam perusahaan, akhirnya muncul sebuah konsep yang baru sebagai salah satu akibat praktek OHSAS 18001 yang terjadi di dalam manajemen perusahaan. Nah, konsep baru tersebut akhirnya dikenal masyarakat sebagai Green Company.

Melengkapi penjelasan yang telah disebutkan di atas, konsep OHSAS 18001 itu memiliki beberapa macam kesesuaian yang disinkronkan dengan ISO 14001 dan juga ISO 9001, hal itu membuat banyak sekali perusahaan yang sekarang memilih untuk mengintegrasikan tiga sistem tersebut dalam satu perusahaan, yaitu ISO 9001, ISO 14001 dan juga OHSAS 18001, memilih untuk mengambil keputusan ini membuat perusahaan dapatkan lebih banyak keutungan dari berbagai sisi, tak hanya sisi effisiensi waktu saja, tapi juga biaya dan juga pelaksanaannya sekaligus, sebab yang disebut dengan integrasi system itu sendiri artinya sebuah prosedur yang sudah mencangkup tiga sistem tersebut di dalamnya ( yaitu ISO 9001, ISO 14001 dan OHSAS 18001 )

Kenali Standar Proses Penerapan Manajemen K3 Dengan Jasa Konsultasi Sertifikasi OHSAS 18001:2007

Menurut Jasa Konsultasi Sertifikasi OHSAS 18001:200, supaya bisa menerapkan sistem Manajemen K3 dengan baik dibutuhkan setidaknya tiga tahapan atau proses, antara lain adalah :

  • Indentifikasi Awal Manajemen K3 – OHSAS 18001

Yang dilakukan pertama kali adalah melakukan identifikasi terhadap tingkat kecukupan terhadap sistem dan juga fasilitas kesehatan serta adanya keselamatan kerja di organisasi atau industri tersebut.

Hal ini mencakup evaluasi proses sistem tersebut dari organisasi sebelumnya, kemudian berlanjut pada pemeriksaan terhadap semua prosedur yang ada, beserta dokumennya. Selanjutnya adalah mengadakan analisis tingkat kecelakaan pada masa silam, dan menurut perundang-undangan yang berlaku saat itu.

  • Tahap Persiapan dan Implementasi Manajemen K3 – OHSAS 18001

Tahap berikutnya adalah tahap persiapan dokumen dan juga program kerja serta pelaksanaan implementasinya itu sendiri. Untuk tahap yang satu ini ada elemen-elemen khusus yang wajib diperhatikan, antara lain adalah :

  • Ada kebijakan kesehatan dan keselamatan kerja serta managementnya yang jelas
  • Memiliki organisasi, juga sumberdaya dan training yang mumpuni
  • Memiliki pengendalian operasional yang mampu menjadi titik tolak prosedur proses, dan peraturan
  • Memiliki jaminan kesehatan dan keselamatan kerja dan perijinannya di lingkungan kerja tersebut
  • Ada tujuan dan target dari pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja
  • Dilengkapi dengan panduan system kesehatan dan keselamatan kerja dan dokumentasi
  • Ada pengendalian operasional
  1. Tahap Penilaian Kinerja Proses Manajemen K3 – OHSAS 18001

 

Yang terakhir adalah tahap penilaian terhadap semua sistem yang telah diterapkan, berikut adalah cakupannya :

– menilai dokumentasi

– melakukan verifikasi penerapan

– melakukan tindakan perbaikan atau pencegahan yang perlu dilakukan menerus

Jasa Konsultasi Sertifikasi OHSAS 18001

Untuk menerapkan sistem manajemen K3, dibutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni dan memiliki pemahaman yang cukup. Maka karena itu perusahaan membutuhkan jasa consultant dengan integritas tinggi serta memiliki berpengalaman serta memiliki jasa konsultan yang berpengalaman, supaya memberikan hasil maksimal sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan.

Pastikan memilih jasa konsultasi yang sudah terpercaya, memiliki feedback positif dari klien dan memberikan pilihan solusi untuk klien. Jasa konsultasi sertifikasi OHSAS 18001 akan membantu perusahaan untuk mencetak manajemen yang mampu mengimplementasikan manajemen K3 sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *