Jasa Konsultasi Sertifikasi ISO 9009:2015

 

Jasa konsultasi sertifikasi ISO menjadi penting seiring dengan keinginan perusahaan untuk meningkatkan standarnya. Pada era maju pesatnya perkembangan dunia keuangan yang diiringi dengan kemajuan teknogi, membuat perusahaan berkerja keras untuk memenangkan persaingan di dunia bisnis. Sebagai salah satu syarat untuk memenangkan persaingan tersebut, perusahaan harus memiliki suatu standar khusus yang disebut dengan sertifikasi ISO.

ISO adalah salah satu jenis standar internasional berupa sistem manajemen untuk menilai kualitas dari sebuah organisasi atau perusahaan. Mereka memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kualitas dan kredibilitas dari sebuah perusahaan yang ingin berkompetisi secara global dan ini adalah salah satu jalan bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas sistem manajemen.

Bagi mereka yang memiliki sertifikasi ISO, mereka akan sangat mungkin untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal ini dikarenakan jaminan dari produk dan pelayanan akan membuat konsumen percaya dan memilih menggunakan brand tersebut. Itulah mengapa jasa konsultasi sertifikasi ISO menjadi salah satu bagian penting dari  sebuah perusahaan yang ingin memiliki sertifikasi standar internasional.

Salah satu jenis ISO adalah ISO 9009:2015 yang berfokus pada sertifikasi sistem manajemen. ISO 9001 pada dasarnya berisi bagaimana sebuah perusahaan memenuhi standar yang telah ditentukan, sedangkan menngenai cara pemenuhan standar tersebut diserahkan kapada perusahaan dalam artian tergantung besar kecil skala usaha dan juga kompleksitas perusahaan. Sebelum membahas jasa konsultasi sertifikasi ISO, berikut ini adalah keuntungan yang diperoleh jika perusahaan memiliki sertifikasi ISO:

  1. Peningkatan kredibilitas perusahaan

Kredibilitas yang dimaksud disini adalah kontrol dari proses dan prosedur perusahaan yang mana mampu menjamin jika terjadi sesuatu yang salah dan menyelesaikannya dengan cepat. Jadi, kredibilitas ini akan berdampak pada kepercayaan pelanggan.

  1. Garansi kualitas melalui standar internasional

Untuk memperoleh standar internasional, sebuah perusahaan harus memiliki kemampuan identifikasi, analisis dan pelaksanaan dari penyelesaian masalah dengan jaminan kualitas internasional. Secara umum, prinsip internasional tersebut dapat diaplikasikan pada segala jenis perusahaan.

  1. Hemat biaya

Standar ISO akan membantu perusahaan untuk mengaplikasikan sistem manajemen mutu guna peningkatan performansi perusahaan. Dengan menggunakan standar ISO, perusahaan dapat mengidentifikasi kondisinya sehingga jika terjadi penurunan performansi dapat diantisipasi dengan cepat yang akan berdampak secara langsung terhadap penghematan pembiayaan.

  1. Pengoptimalan kerja karyawan

Kembali pada prinsip dari kualitas manajemen, semua pemenuhan prinsip pada dasarnya akan ditentukan oleh semua karyawan dari level bawah hingga level eksekutif. Dengan menggunakan jasa konsultasi sertifikasi ISO 9001:2015 maka perusahaan tersebut mampu menjaga kualitas, efisiensi, dan produktivitas perusahaan sesuai standar ISO.

  1. Meningkatkan citra perusahaan

Dengan penerapan standar ISO 9001:2015 maka perusahaan tersebut dianggap mampu meningkatkan citra perusahaan karena terjaminnya kualitas mutu manajemen. Kualitas mutu manajemen yang bagus berdasarkan standar ISO tentu akan membuat pelanggan merasa aman menginvestasikan dananya kepada perusahaan tersebut.

Setelah mengetahui pengertian dan keuntungan jika perusahaan memiliki sertifikasi ISO 9001:2015, mungkin muncul pertanyaan terkait bagaimana  tips memilih jasa konsultasi sertifikasi ISO serta prosedur perusahaan agar memiliki sertifikasi tersebut. Pada sertifikasi ISO 9001 versi tahun 2008, terdapat 6 prosedur yang dibutuhkan. Sedangkan prinsip mutu manajemen yang dibutuhkan dalam penyusunan sertifikasi ISO 9001 versi 2015 adalah sebagai berikut:

  1. Berfokus pada pelanggan
  2. Kepemimpinan
  3. Melibatkan orang lain
  4. Pendekatan pada proses bisnis
  5. Pendekatan sistem terhadap manajemen organisasi
  6. Peningkatan mutu proses berkelanjutan
  7. Pendekatan faktual dalam pembuatan keputusan
  8. Hubungan dengan pemasok yang saling menguntungkan

Untuk memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015 perusahaan dapat memilih menggunakan audit mandiri ataupun dari badan audit. Audit sertifikasi ISO 9001:2015 dibagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap dokumentasi dan implementasi dokumentasi yang telah disahkan.

Audit sertifikasi ini harus dilakukan oleh tim independen atau badan sertifikasi resmi yang telah terdaftar. Hasil audit dari tim auditor inilah yang akan menentukan lulus atau tidaknya sebuah perusahaan dalam memenuhi standar mutu manajemen ISO 9001:2015. Hal inilah yang membuat jasa konsultasi sertifikasi ISO banyak dicari oleh perusahaan sebelum memanggil tim auditor. Jika perusahaan tersebut dinyatakan tidak lulus, maka tim auditor akan melansir hal-hal yang harus dilengkapi perusahaan agar lulus dari persyaratan sesuai standar sertifikasi.

Untuk memilih jasa konsultasi sertifikasi ISO, Anda perlu memperhatikan 7 hal dalam memilih perusahaan jasa konsultan.

  1. Ahli di bidangnya

Pastikan Anda menggali profil perusahaan konsultan tersebut. Cari informasi apakah konsultan tersebut merupakan praktisi lapangan ISO, memiliki pengetahuan mendalam terkait ISO, atau dalam artian konsultan tersebut benar-benar mampu menguasi bidang tersebut. Dengan memilih ahli konsultan pada bidangnya, maka Anda telah menempuh langkah pertama menuju sertifikasi ISO 9001:2015.

  1. Memiliki pengalaman yang mumpuni

Setelah perusahaan Anda menggali profil umum konsultan ISO, maka perusahaan harus mengetahui apakah konsultan itu memiliki pengalaman atau tidak. Banyak perusahaan yang telah memiliki konsultan yang berpengalaman, jadi Anda dapat bertanya kepada mereka sebelum memilih konsultan ISO. Konsultan ISO yang berpengalaman akan memberikan keuntungan dalam mengalawal perusahaan dalam implementasi standar internasional yang telah ditetapkan sehingga syarat sertifikasi ISO dapat terpenuhi.

  1. Cepat dalam merespon perusahaan

Salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan dalam memilih jasa konsultasi sertifikasi ISO adalah kecepatan dalam merespon pertanyaan atau keluhan dari perusahaan. Adakalanya kesibukan dari konsultan atua jadwal yang padat membuat perusahaan sulit menghubungi pihak konsultan. Lambatnya respon pesat atau telepon dari konsultan tentu membuat perusahaan harus banyak bersabar. Selain itu, lambatnya respon juga akan membuang waktu dalam penyelesaian permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan.

  1. Memiliki arahan yang jelas

Konsultan yang ambigu tentu akan menyusahkan perusahaan. Ambigu yang dimaksud disini adalah konsultan tidak memberikan arahan yang jelas kepada pihak perusahaan.

  1. Rekomendasi dari klien sebelumnya

Bagi perusahaan yang belum memiliki gambaran konsultan yang tepat, perlu kiranya perusahaan bertanya kepada rekan lain yang telah menggunakan jasa konsultasi sertifikasi ISO sebelumnya. Rekomendasi dari perusahaan lain tentu akan menghindarkan perusahaan Anda dari memilih konsultan yang tidak tepat.

  1. Memiliki legalitas yang jelas

Dengan memilih konsultan yang memiliki legalitas, tentu akan menjamin profesionalitas dan berpengalaman atau tidaknya konsultan tersebut.

  1. Konsultan yang menawarkan paket khusus

Nah, bagi perusahaan yang menginginkan konsultan dengan harga murah ada baiknya jika memilih konsultan yang menawarkan paket khusus hari Sabtu. Ada beberapa keuntungan jika menggunakan paket khusus hari Sabtu diantaranya adalah harga yang miring, dan karyawan akan lebih fokus menyerap materi karena tidak terbebani dengan pekerjaan.

Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan suatu standar mutu manajemen yang berlaku secara internasional. Sertifikasi tersebut sangat bermanfaat bagi perusahaan yang akan terjun dan ingin memenangi persaingan. Pilihan menggunakan jasa konsultasi sertifikasi ISO yang tepat akan mengantarkan perusahaan untuk mendapatkan sertifikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *