Jasa Konsultasi Sertifikasi HACCP

Dalam menjalankan bisnis terutama dibidang pangan atau makanan dibutuhkan perhatian yang lebih mendetal terutama seputar keamanannya. Itulah mengapa saat ini sudah tersedian jasa konsultasi sertifikasi HACCP yang siap untuk membantu anda untuk menerapkan metode sesuai standar keamanan internasional untuk industri makanan dan minuman. HACCP sendiri merupakan singkatan dari Hazard Analysis & Critical Control Point. Ini merupakan metode yang pada dasarnya mengusung konsep struktural untuk membantu suatu organisasi/perusahaan dalam menjalankan industri makanan dan minuman untuk mengantisipasi dan mendeteksi adanya resiko keamanan pangan. Selain itu, metode ini juga bertujuan untuk menyampaikan kesesuaian hukum yang berlaku. Metode ini mengikuti standar internasional.

 

Di beberapa negara, setiap organisasi atau perusahaan yang bergerak dibidang makanan dan minuman wajib untuk mengantongi sertifikasi HACCP untuk menjamin mutu produk yang dihasilkan. Beberapa negara yang menerapkan program wajib sertifikasi HACCP ialah beberapa negara di Eropa dan Amerika Serikat. Sementara untuk prinsip dan petunjuk penerapan HACCP sendiri sudah diadopsi oleh Komisi Codex Alimentarius.

 

Pada HACCP ini, sistem yang digunakan yaitu berbasis pada pengetahuan, serta identifikasi terhadap bahaya secara spesifik. Selain itu, sistem ini dibuat dengan tujuan untuk bisa mengontrol atau mengendalikan secara khusus sehingga keamanan pangan tetap terjaga dengan baik, dan produk makanan ataupun minuman yang dihasilkanpun layak makan dan tidak mengancam kesehatan.

 

Penggunaan jasa konsultasi sertifikasi HACCP bisa dikatakan esensial terutama bagi perusahaan yang memang bergerak dibidang olahan makanan dan minuman. Mengajukan sertifikasi HACCP merupakan langkah yang baik untuk melindungi hak-hak konsumen. Selain itu, dengan mengantongi sertifikasi HACCP, citra perusahaan bisa meningkat menjadi lebih baik tentunya.

 

Implementasi sertifikasi HACCP

HACCP sendiri merupakan sistem yang sejatinya digunakan sejak proses awal produksi bahkan sejak persiapannya. Prinsip-prinsip yang ada pada HACCP harus bisa diimplementasikan oleh semua pihak yang terlibat dalam hal pengolahan produk makanan ataupun minuman tanpa terkecuali. Bahkan penerapan sistem ini tidak memerlukan pertimbangan lain seperti lokasi geografis ataupun ukuran.

 

Pentingnya HACCP bagi perusahaan makanan dan minuman

HACCP merupakan sistem yang terstruktur dengan baik untuk mengendalikan proses pengolahan produk makanan dan minuman agar layak konsumsi dan tidak membahayakan kesehatan dan keselamatan konsumen. Dalam hal ini, sudah dipastikan jika sertifikasi HACCP sangat diperlukan. Ini merupakan alat manajemen yang bisa membantu secara signifikan bagi organisasi atau perusahaan dalam memperkuat komitmen untuk menjaga keamanan pangan. Bisa dikatakan jika peranananya cukup vital karena:

  • HACCP dirancang sebagai bentuk pendekatan untuk memastikan bahwa keamanan pangan terjaga. Tidak hanya komitmen secara tertulis, namun sertifikasi HACCP dilindungi hukum. Sehingga jika ada pelanggaran ataupun manipulasi bisa dikenai sanksi sesuai ketentuan.
  • HACCP membantu dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Makanan dan minuman adalah elemen penting dan penggunaannya berhubungan langsung dengan tubuh sehingga keamanannya perlu dijamin berdasarkan perlindungan hukum serta kepercayaan konsumen itu sendiri.
  • Dalam bisnis tentu saja keinginan untuk menjadi yang pertama dan terdepan adalah harapan utama. Dengan menerapkan sistem HACCP maka bisa menjadi jalan bagi perusahaan anda untuk bisa menjadi perusahaan/organisasi yang lebih menonjol dan lebih diminati.

 

Menggunakan jasa konsultasi sertifikasi HACCP adalah keputusan yang baik mengingat prosesnya memakan waktu dan biaya. Dengan menggunakan jasa konsultasi maka dapat diperoleh beberapa kelebihan, diantaranya:

  • Hemat tenaga – Menggunakan jasa pembuatan HACCP bisa membantu menghemat tenaga anda. Untuk memenuhi persyaratan sertifikasi HACCP, anda akan diharuskan untuk pergi ke berbagai tempat sampai dokumen lengkap.
  • Hemat biaya – Menggunakan jasa Jasa Konsultasi Sertifikasi HACCP akan lebih hemat dibanding mengurusnya sendiri. Selain itu, anda akan diliputi ketidakpastian mengenai estimasi biaya yang harus dikeluarkan yang tidak hanya biaya pengurusan dokumen saja tapi juga transportasi, dsb. Sedangkan dengan menggunakan jasa Jasa Konsultasi Sertifikasi HACCP, estimasi harga lebih pasti sehingga anda bisa menyiapkan dana sebelumnya.

 

Prosedur atau tata cara pengajuan sertifikasi HACCP

Untuk bisa mengajukan sertifikasi HACCP, maka anda diharuskan untuk melewati beberapa tahapannya seperti berikut:

  • Pertama adalah proses pendefinisian ruang lingkup sertifikasi.
  • Selanjutnya, akan dilakukann kunjungan pendahuluan guna melihat analisis gap serta diagnosis antara standar yang diterapkan oleh perusahaan anda terhadap HACCP.
  • Selanjutnya proses audit yang dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama merupakan audit pendahuluan dimana dokumen dan persyaratan lain diaudit untuk mengetahui tingkat penerapan sistem HACCP di perusahaan anda. Selanjutnya ialah tahapan audit kedua dimana dilakukan penilaian secara menyeluruh untuk menguji efektivitas penerapan HACCP yang berdasarkan pada dokumentasi yang sebelumnya telah dirancang dan dibuat. Tahapan ini juga untuk menilai ruang lingkup aplikasi HACCP itu sendiri.
  • Selanjutnya ialah proses penerbitan HACCP yang dibantu oleh jasa konsultasi sertifikasi HACCP. Sertifikasi yang diterbitkan tentunya sesuai dengan standar yang diaplikasikan oleh perusahaan yang memiliki masa berlaku 3 tahun sejak tanggal pengesahan.
  • Selanjutnya audit secara berkala akan dilakukan oleh tim dari penyedia jasa untuk memantau tingkat pemeliharaan atau implementasi sistem HACCP.
  • Proses audit sertifikasi ulang dilakukan setelah 3 tahun untuk selanjutnya dilakukan perpanjangan sertifikasi.

 

Memilih Jasa Konsultasi Sertifikasi HACCP

Anda yang belum memahami betul tata cara atau prosedur pengajuan sertifikasi HACCP bisa mengandalkan penyedia jasa konsultasi. Dengan begitu, anda akan dibantu dan di guide sampai memiliki kewenangan untuk mengimplementasikan HACCP. Namun dalam memilih penyedia jasa pun sebaiknya tidak sembarangan. Berikut beberapa pertimbangan dalam memilih penyedia jasa khusus konsultasi sertifikasi HACCP:

  • Anda harus memilih penyedia jasa yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan klien. Setiap perusahaan yang bergerak diindustri makanan dan minuman tentunya memiliki karakteristik yang berbeda dan fungsi yang berbeda pula. Maka, pilihlah penyedia jasa yang bisa menawarkan solusi terbaik untuk menjawab kebutuhan anda sebagai klien.
  • Ada baiknya untuk anda memilih penyedia jasa konsultasi sertifikasi HACCP yang memiliki reputasi baik dibidangnya. Memilih lembaga sertifikasi terbaik memang cukup menantang namun sebanding dengan hasilnya. Pilihlah penyedia jasa yang memiliki cakupan sertifikasi sistem manajemen yang kredibel. Pastikan penyedia jasa memperkerjakan auditor profesional dan dapat dipercaya untuk memenuhi kualifikasi berbagai sektor usaha (industri makanan dan minuman).
  • Pilihlah jasa yang memiliki jaringan luas dengan titik layanan yang mudah ditemukan. Pilihlah penyedia jasa yang memiliki kemitraan yang baik khususnya dengan lembaga sertifikasi asing karena HACCP sendiri merupakan sistem dengan standar internasional.

 

Mengingat perkembangan dunia pangan semakin maju, tidak heran jika regulasi dan berbagai isu sensitif muncul terlebih dalam kancah perdagangan internasional. Oleh karena itu, setiap industri makanan dan minuman diwajibkan untuk memenuhi standar mutu internasional untuk menjamin keamanan pangan bagi konsumen. Dengan begitu, kesehatan dan kelestarian lingkungan juga diharapkan terjamin keamanannya. Namun pastikan juga untuk anda senantiasa memilih jasa konsultasi sertifikasi HACCP terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *