Jasa Konsultasi Pembuatan SOP ISO 9001, ISO 14001, OHSAS, ISPO, RSPO Dan SMK3

 

Memperoleh sertifikasi sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku memang tidak mudah untuk dilakukan terlebih bagi anda yang masih baru dalam hal pengurusan sertifikasi. Untuk itu, anda membutuhkan jasa konsultasi pembuatan SOP ISO 9001 yang bisa membantu anda melewati setiap tahap sertifikasi sampai mengantongi izin resmi dalam menjalankan usaha anda.

 

SOP sendiri merupakan kependekan dari Standard Operating Procedure. Ini merupakan standar yang dibuat oleh perusahaan yang nantinya akan digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan berbagai tugas atau pekerjaan sesuai dengan fungsi yang telah ditentukan. SOP ini berperan sebagai manual yang menjelaskan aktivitas profesional yang dilaksanakan suatu perusahaan. Dengan adanya SOP maka perusahaan dapat menjalankan fungsinya dengan baik dalam rangka memenuhi target yang dibuat dan mengatur jalannya organisasi dengan lebih baik.

 

Ada berbagai jenis SOP yang dituntut untuk diimplementasikan. Setiap SOP memiliki standar yang berbeda. ISO 9001 sendiri merupakan standar internasional dibidang sistem manajemen mutu. Tentunya tidak mudah juga bagi perusahaan untuk menerapkan ISO 9001 terlebih ini merupakan standar internasional. Mengaplikasikan SOP berdasarkan ISO 9001 membutuhkan pemahaman dan perencanaan yang sempurna dengan mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Perusahaan harus memahami dengan benar ISO 9001 mulai dari hal-hal kecil yang mendetail sampai manfaat dan kemampuan perusahaan untuk menjalankannya.
  • Perusahaan harus bisa menyusun program kerja untuk menetapkan jenis pekerjaan yang akan dilaksanakan agar sesuai dengan konsep yang sustainable bagi perusahaan sendiri.
  • Perusahaan harus mampu mengembangkan prosedur kerja dengan susunan yang sistematis sesuai dengan ketentuan pada ISO 9001.
  • Perusahaan melaksanakan proses pengembangan dokumentasi secara struktural. Dengan begitu, jenis dan instruksi kerja pada setiap departemen akan saling berhubungan dan mendukung satu sama lain.

 

Untuk membangun perusahaan yang baik dan terstuktur memang dibutuhkan perencanaan dan dasar yang solid. Maka, dibutuhkan jasa konsultasi pembuatan SOP ISO 9001 untuk bisa menciptakan standar kerja yang bisa meningkatkan kualitas perusahaan.

 

ISO 14001

Selain SOP berdasarkan ISO 9001, ada juga ISO 14001. Sama seperti ISO 9001, ISO 14001 juga merupakan standar internasional. Hanya saja, ia merupakan standar internasional yang menentukan persyaratan untuk pendekatan manajemen yang terstruktur untuk perlindungan lingkungan. Jika ISO 9001 lebih berpusat pada susunan kerja dan fungsi serta pelaksanaannya, maka ISO 14001 lebih berpusat pada upaya untuk memastikan bahwa setiap proses yang dijalankan perusahaan telah memenuhi komitmen terhadap kelestarian lingkungan.

 

ISO 14001 merupakan standar yang berperan untuk melindungi lingkungan sebagai upaya pencegahan adanya pencemaran. Standar ini juga menjadi komitmen terhadap perbaikan berkelanjutan bagi perusahaan. ISO 14001 merupakan jembatan untuk memenuhi peraturan lingkungan yang lebih terencana. Dengan begitu, penggunaan sumber daya alam bisa dilakukan secara bijaksana oleh perusahaan. Sehingga, ini juga bisa menjadi upaya untuk meminimaslisir citra negatif yang terlanjut berkembang dimasyarakat bahwa perusahaan atau industri bisnis biasanya berujung pada pencemaran lingkungan.

 

OHSAS

Selanjutnya, jasa konsultasi pembuatan SOP ISO 9001 juga biasanya menyediakan jasa pembuatan OHSAS. Ini tentu saja karena peusahaan atau pelau industri bisnis memiliki kewajiban untuk memenuhi berbagai persyaratan agar bisa menjalankan perusahaan dengan layak dan sesuai dengan ketentuan. OHSAS sendiri merupakan kependekan dari Occupational Health and Safety Assessment. Ini merupakan standar internasional untuk penerapan sistem manajemen yang berpusat pada kesehatan dan keselamatan kerja. Adanya kebijakan ini, diharapkan bisa melindungi para pekerja dari hal-hal yang membahayakan yang timbul dilingkungan kerja dan berdampak langsung pada kesehatan dan keselamatan mereka.

 

Tidak sedikit terjadi kecelakaan kerja yang kadang berdampak pada perusahaan terutama citra buruk. Manajemen kesehatan dan keselamatan kerja berdasarkan OHSAS ini diharapkan bisa menjadi jaminan bagi para pekerja maupun bagi perusahaan itu sendiri. Setiap perusahaan biasanya mengimplementasikan kebijakan ini, terutama perusahaan yang bergerak dibidang Gas dan Minyak.

 

ISPO

Selanjutnya, jasa konsultasi pembuatan SOP ISO 9001 juga menyediakan konsultasi pembuatan ISPO. Ini merupakan kependekan dari Indonesian Sustainable Palm Oil. Ini merupakan kebiijakan yang dikeluarkan Pemerintah Indonesia khususnya kementerian Pertanian dalam rangka untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan akibat emisi gas rumah kaca pada pengelolaan lahan perkebunan kelapa sawit. Setiap pelaku usaha perkebunan kelapa sawit diwajibkan untuk mengajukan sertifikasi ISPO. Prosesnya melibatkan pemenuhan kelengkapan persyaratan berupa dokumen serta proses audit yang melibatkan lembaga sertifikasi yang mengantongi izin dari komisi ISPO.

 

ISPO sendiri memiliki tujuan yang jelas yaitu untuk melindungi kerusakan lahan dan lingkungan, membangun industri kelapa sawit yang berkelanjutan yang bisa bersaing dengan industri internasional, dan mengurangi efek gas rumah kaca. Proses pengajuan sertifikasi ISPO bisa memakan waktu berbulan-bulan tergantung dari proses pemenuhan kelengkapan persyaratan hingga lamanya proses penilaian. Untuk proses audit sendiri dibagi jadi dua tahap yaitu tahap I dan II, masing-masing memakan waktu 2-4 hari tergantung jauhnya lokasi lahan yang harus diaudit.

 

RSPO

Selanjutnya, penyedia jasa konsultasi pembuatan SOP ISO 9001, juga menyediakan jasa pembuatan RSPO yang tidak kalah pentingnya bagi para pelaku usaha. RSPO sendiri merupakan kependekan dari Rountable Sustainable Palm Oil. Ini merupakan kebijakan dalam bidang pelaksanaan usaha perkebunan kelapa sawit. Sebenarnya tujuan dari RSPO ini tidak jauh berbeda dengan ISPO yaitu untuk menekan berkurangnya tutupan hutan serta mengurangi efek gas rumah kaca. Namun bedanya terdapat pada konsepnya. Selain itu, RSPO merupakan asosiasi yang terdiri dari berbagai organisasi dari berbagai sektor industri kelapa sawit.

 

Perbedaan lain antara ISPO dan RSPO ialah, ISPO sifatnya mandatory karena kebijakan ini dibuat oleh pemerintah Indonesia langsung. Akibatnya, pelaku usaha perkebunan kelapa sawit yang tidak memenuhi sertifikasi ISPO akan dikenai sanksi sesuai ketentuan yang berlaku. Sedangkan RSPO sifatnya voluntary alias tidak wajib karena konsepnya lebih kepada untuk memenuhi permintaan pasar.

 

SMK3

Jasa konsultasi pembuatan SOP ISO 9001 juga menyediakan jasa pembuatan SMK3 untuk perusahaan. SMK3 merupakan kependekan dari Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Ini merupakan bagian penting dari sistem manajemen pada suatu organisasi. Adanya sistem ini, diharapkan perusahaan mampu menempatkan tenaga kerja sesuai dengan hak dan kewajibannya. Selain itu, sistem atau kebijakan ini diatur untuk meningkatkan produktivitas kerja serta daya saing perusahaan dalam skala yang lebih luas. Sistem ini jugalah yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja serta menciptakan solusi yang terbaik ketika hal tersebut tidak bisa dihindari.

 

Berbagai kebijakan atau standar diatas menjadi tuntutan yang biasanya harus dipenuhi perusahaan. Membangun perusahaan yang baik memang harus berdasarkan pada standar yang terstruktur dengan baik untuk meningkatkan kualitas perusahaan baik dari segi tenaga kerja, lingkungan kerja, sampai produktivitas. Dengan jasa konsultasi pembuatan SOP ISO 9001, anda bisa berkonsultasi untuk pembuatan berbagai jenis SOP untuk meningkatkan kualitas perusahaan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *