Jasa Konsultasi Pembuatan Dokumen CSMS Untuk Kontraktor

Jasa konsultasi pembuatan dokumen CSMS memang menjadi salah satu alternatif bagi para kontraktor yang menginginkan standar tinggi pada bidang pekerjaannya. CSMS atau Contractor Safety Management System adalah salah satu metode operasional untuk mengendalikan sistem kontrol operasional, pengawasan dan peningkatan implementasi dari program Keselamatan dan Kesehatan Kerja Serta Lindungan Lingkungan, atau yang biasa disebut K3LL. K3LL merupakan salah satu program yang melindungi segala aktivitas pekerja sebagai tanggung jawab dari kontraktor.

CSMS adalah salah satu layanan yang wajib dipenuhi oleh rekanan perusahaan seperti BUMN ataupun swasta. Jika sebuah kontraktor memiliki dokumen CSMS, maka perusahaan pengguna layanan kontraktor mendapatkan jaminan segala bentuk operasional untuk mencegah Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja (PAK).

Jadi, secara sederhana CSMS adalah suatu sistem manajemen K3 yang meliputi berbagai elemen dokumen sebagai tanggung jawab terhadap pekerjaannya. Jika kontraktor mengalami kesulitan dalam menyiapkan dokumen CSMS, maka jasa konsultasi pembuatan dokumen CSMS dapat membantu mengarahkan. Mengingat pentingnya dokumen CSMS sebagai salah satu bahan pertimbangan penyedia jasa kontraktor untuk menilai kontraktor tersebut telah sesuai standar mereka atau tidak.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa penyedia jasa kontraktor harus memiliki dokumen CSMS. Selain sebagai salah satu prasyarat untuk bekerja sama dengan perusahaan BUMN atau Swasta, dokumen CSMS ini merupakan respon atas semakin tingginya angka kecelakaan kerja khususnya pada bidang kontraktor. Secara umum, berikut ini adalah fungsi CSMS :

  1. CSMS memudahkan perusahaan untuk menilai kelayakan dan profesionalitas kontraktor melalui dokumen tersebut
  2. Sebagai bentuk pembagian tanggung jawab antara perusahaan dan kontraktor untuk program Keselamatan Kesehatan Kerja serta Lindungan Kesehatan (K3LL)
  3. Mengurangi resiko kecelakaan di tempat kerja serta kerusakan lingkungan
  4. Meningkatkan produktivitas kerja dan citra perusahaan serta kontraktor
  5. Perusahaan dapat mengontrol konsistensi kerja kontraktor dalam menerapkan aspek K3.

Jasa konsultasi pembuatan dokumen CSMS akan membantu kontraktor dalam menyiapkan prosedur dokumen CSMS. Untuk gambaran sederhana tentang prosedur atau alur CSMS adalah sebagai berikut:

  1. Pra Pekerjaan

Pra pekerjaan adalah saat dimana rencana kerja dibuat termasuk didalamnya rencana keselamatan kerja yang akan di lakukan selama pekerjaan. Di dalam pra pekerjaan ini, dokumen yang harus dilengkapi adalah:

  • Profil tentang perusahaan kontraktor
  • Performansi keselamatan kerja kontraktor
  • Penjelasan tentang metode saat kontraktor bekerja (cara kerja kontrakor)
  • Sertifikat sertifikat yang relevan dengan kompetensi pekerja kontraktor seperti sertifikat ahli las, sertifikat teknisi listrik, sertifikat ahli perancang bangunan dan sebagainya.

Selain melengkapi dokumen awal, dalam pra pekerjaan juga harus melengkapi analisis keselamatan kerja. Analisis keselamatan kerja merupakan dokumen yang berisi step demi step cara kerja dan bagaimana cara perusahaan menangani bahaya dan resiko dari step step tersebut. Tidak lupa, analisis keselamatan kerja juga harus memperlihatkan bagaimana perusahaan melakukan kontrol untuk menghindari adanya resiko. Dokumen-dokumen tersebut harus dilengkapi dengan tanda tangan dari kontraktor, pemberi kerja, supervisor area dan juga tim K3 agar setiap bagian masing masing memegang tanggung jawab.

Jasa konsultasi pembuatan dokumen CSMS juga akan mengarahkan kontraktor untuk melengkapi melengkapi izin pekerjaan yang meliputi poin-poin standar keselamatan kerja, alat alat kerja serta alat pelindung diri selama pekerjaan. Selain itu, dalam pra pekerjaan kontraktor harus membuat safety induction yang berisi dasar dasar perlindungan kerja dan yang paling krusial adalah tentang prosedur gawat darurat.

  1. Saat Pekerjaan

Setelah menyiapkan dokumen pra pekerjaan, maka jasa konsultasi pembuatan dokumen CSMS akan mengarahkan kontraktor untuk menyiapkan dokumen pekerjaan dengan dasar dokumen sebelumnya yang telah di sah kan. Untuk memastikan semua berjalan dengan benar, maka ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

  • Inspeksi bidang keamaan kontraktor dari pengguna jasa
  • Inspeksi dengan tim keamanan internal

Hal yang harus diperhatikan pada CSMS adalah setiap pengguna jasa memiliki tanggung jawab lebih terhadap keamanan pekerja dibandingkan kontraktor itu sendiri. Jika tanggung jawab keamaan hanya dibebankan kepada tim safety, dipastikan tujuan CSMS tidak akan pernah terwujud. Hal ini dikarenakan beban handle pekerjaan yang terlalu banyak akan membuat tim safety kewalahan. Jika Anda menggunakan jasa konsultasi pembuatan dokumen CSMS, tentu Anda akan mendapatkan pengarahaan atas hal hal yang terkait dengan dokumen.

  1. Post Job

Setelah pekerjaan selesai, ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh kontraktor, yaitu:

  • Meminta tanda tangan sebagai bukti bahwa pekerjaan mereka telah dilakukan dengan aman
  • Tulis berita acara berupa laporan pelaksanaan kerja
  • Mendiskusikan rencana kedepan

Setelah memahami prosedur atau alur CSMS, maka berikut ini adalah beberapa dokumen-dokumen yang harus disiapkan oleh kontraktor:

  • Logo kontraktor
  • Profil kontraktor
  • Struktur organisasi
  • Dokumen yang sifatnya ke lingkungan, seperti AMDAL, RKL, RPL dsb
  • Dokumen cek kesehatan karyawan
  • Dokumen cek kesehatan spesifik karyawan
  • Foto kopi asuransi kesehatan
  • Foto kopi asuransi kecelakaan
  • Foto kopi sertifikat training first aid personil, dst.

Jika melihat banyaknya prosedur serta dokumen yang harus disiapkan, tersedia beberapa badan jasa konsultasi pembuatan dokumen CSMS yang dapat Anda pilih. Akan tetapi, tidak semua badan jasa konsultan tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan menggunakan jasa konsultan, khususnya jasa konsultasi CSMS.

  1. Pastikan konsultan adalah mereka yang handal di bidangnya

Dalam bidang CSMS, pastikan bahwa jasa konsultan yang Anda pakai adalah mereka yang memang mahir dalam hal hal terkait dokumen CSMS. Karena CSMS sangat terkait erat dengan perkerjaan kontraktor, jasa konsultan tersebut harus benar-benar memahami dengan detail setiap daftar daftar standar keselamatan kerja (K3LL). Jika Anda menggunakan jasa konsultasi pembuatan dokumen CSMS yang kurang mumpuni, tentunya akan menyulitkan Anda untuk membuat dokumen standar CSMS.

  1. Pilih konsultan yang berpengalaman

Untuk memudahkan Anda membuat dokumen CSMS, Anda dapat memilih konsultan yang berpengalaman dalam hal pembuatan dokumen tersebut. Konsultan yang berpengalaman adalah mereka yang sering terjun dan berhasil meluluskan dokumen CSMS sebuah perusahaan. Semakin berpengalaman konsultan tersebut, maka konsultan tersebut tentu sudah paham hal-hal yang mungkin akan mereka temui di lapangan sehingga akan memudahkan dalam penyelesaian masalah.

  1. Gunakan jasa konsultasi pembuatan dokumen CSMS yang tidak ambigu

Ambigu yang dimaksud disini adalah konsultan tersebut mampu menjelaskan dengan sejelasnya prosedur hingga dokumen yang dibutuhkan.

 

Dokumen CSMS merupakan salah bukti tanggung jawab sebuah kontraktor untuk keselamatan kesehatan kerja dan lindungan lingkungan. Jika kontraktor ingin menjalin kerja sama dengan badan usaha negara ataupun swasta, wajib memiliki dokumen CSMS. Sehingga, jika kontraktor Anda ingin memenangi persaingan dengan kontraktor lain maka mau tidak mau, CSMS menjadi dokumen mutlak yang harus Anda miliki. Jika masih bingung, segera hubungi jasa konsultasi pembuatan dokumen CSMS untuk kontraktor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *