Jasa Konsultasi ISO 22000

Konsultasi ISO 22000. Apa itu ISO 22000 dan apa manfaat yang dihasilkan dari ISO 22000?, sebelum kami menjawab semua pertanyaan tersebut. kita ketahui dulu pengertian dari ISO. ISO merupakan singkatan dari International Organization For  Standardization. ISO sendiri merupakan badan atau lembaga penetap standar internasional yang terdiri dari wakil-wakil badan standarisasi nasional dari setiap negara di Dunia.

Dilihat dari namanya sendiri  International Organization for Standardization mungkin bagi sebagian orang kenapa lembaga ini namanya disingkat menjadi ISO seharusnya IOS. Memang sebelum menjadi namanya ISO pada awalnya 23 lembaga ini bernama IOS. Namun karena dalam bahasa Yunani sendiri ISO  itu memiliki arti sama, karena itulah hingga sampai saat ini lembaga tersebut lebih sering disebut dengan ISO. Dan ISO sendiri didirikan pda taggal 23 Februari 1947.

ISO merupakan lembaga atau Organisasi nonpemerintah alias berdiri secara independen, namun untuk kemammpuannya dalam menetapkan standar tidak perlu diragukan lagi bahkan ISO ini sering menjadi payung hukum, sehingga ISO lebih berpengaruh ketimbang organisasi-organisasi non-pemerintah lain.

ISO memiliki manfaat dan kegunaan tersendiri didalam sebuah perusahaa. Lalu apa manfaat dan kegunaan ISO didalam sebuah perusahaan, simaklah sebagai berikut:

  • Mampu meningkatkan image atau citra perusahaan;
  • Mampu meningkatkan kinerja didalam lingkungan perusahaan;
  • Mampu meningkatkan efisiensi dalam setiap kegiatan perusahaan;
  • Mampu memperbaiki sistem menejemen organisasi dengan cara menerapkan pperecenaan, pelaksanaan, pengukuran, dan tindakan perbaikan atau sering disebut dengan sistem plan-do-check-act.
  • Mampu mengantisifasi potensi bahaya dari sebuah perusahaan.
  • Mampu meningkatkan hubungan baik terutama dalam hal komunikasi dengan berbagai pihak yang saling berhubungan.
  • Mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak, teutama dari client dan dari para konsumen.

Pada mulanya ISO dibuat untuk memperkenalkan standardisasi internasional untuk berbagai hal yaitu seperti produk jasa dan sisitem. Dan ISO sendiri adalah salah satu stnadar internasional dalam sistem menejemen mutu ( SMM). Dan salah satu yang termasuk kedalam sistem manajemen mutu (SMM) ISO adalah ISO 22000.  Lalu apa itu ISO 22000? ISO 22000 merupakan standar internasional di bidang makanan, artinya ISO 22000 akan membantu anda dalam menangani semua keamanan terhadap makanan. Dan itu berlaku untuk semua makanan. Dan ISO 22000 ini menyebutkan beberapa persayaratan untuk sistem penanganan makanan yang mana hal ini meliputi komunikasi interaktif, penanganan sistem, program prasarat, selain itu ISO 22000 telah memasukkan prinsip-prinsip sistem HACCP ( Hazard Analisys AND Critical Point). Jika anda tertarik, anda bisa dan ingin menerapkan ISO 22000 pada perusahaan anda, anda sebelumnya boleh menggunakan jasa konsultasi ISO 22000.

Selain itu ISO 22000 ini bertujuan untutk menyamakan atau menyeleraskan dalam persyaratan menejemen keamanan makanan dalam sektok rantai makanan dari tingkat nasional kepada tingkat yang lebih tinggi yaitu tingkat global. Dan ISO 22000 sebenarnya dimaksudkan supaya organisasi atau perusahaan, terutama organisasi yang bekerja dalam sektor pangan agar mengaplikasikan program ini, supaya semua makanan dan pangan bisa terjaga dengan aman, sehat, bersih, dan sesuai standar dan mampu memnuhi peraturan perundang-undangan dari negaranya masing-masing.

Adapun ISO 22000 bisa dilakukan secara independen maupun diintegrasikan bersama sistem menejemen yang lainnya. karena ISO 22000 sendiri bisa dipakai oleh setiap kelompok atau organisasi  dan standar ini masih bersifat umum.

manfaat dari diadakannya International Standardization Organization / ISO 2200, adalah sebagai berikut:;

  1. membantu para pengusaha atau organisasi yang bergerak dalam bidang pangan supaya bisa menangani semua bahaya yang sewaktu-waktu bisa mengancam keamanan makanan hingga produk makanan anda tersebut dinyatakan aman dan layak untuk dikonsumsi oleh semua orang.
  2. mendapatkan image positif dari client atau customer terhadap semua produk makanan yang perusahaan anda buat. Sehingga produk makanan yang anda jual akan laku keras, dan tentunya bisa menguntungkan satu sama lainnya.
  3. penerapan ISO 2200 akan lebih diakui oleh seluruh rantai makanan global. Terutama bagi produsen makanan-makanan dalam jumlah besar. serta dapat menginflementasikan ISO 2200 sampai kepada tahap sertifikasi.
  4. Bisa mengharmonisasikan dengan standar standar internasional lainnya, seperti ISO 9001 dan ISO 14001, sehingga bisa mengintegrasikan dengan standar ISO 22000 yang mana standar ini sedang anda gunakan.
  5. Bisa menghemat waktu dan biaya, untuk itu sebuah perusahaan haruslah menggunakan ISO 22000 untuk mendapatkan standar keamanan makanan tingkat global.

Bisa anda ketahui bahwa ISO 22000 ini merupakan standar internasional pertama yang mana semua bagian yang mencakup pada rantai makanan bisa menggunakannya.  Maksudnya, semua bagian yang terlibat dengan jaringan pangan  bisa menerapkan ISO 22000, yaitu mulai dari petani, produsen, pengepak, transfortasi, dan penjualan. Bahkan ISO 22000 juga berlaku bagi non-makanan seperti peralatan-peralatan yang digunakan untuk mengolah makanan.

Jadi meskipun perusahaan anda bergerak dibidang non makanan namun masih  berkesinambugan dengan makanan, baik itu minimarket, supermarket, perusahaan kecil maupun perusahaan besar bisa menerapkan standar ISO 22000 ini. namun ada persyaratan yang harus dilakukan oleh anda untuk mendapatkan sertifikasi ISO 22000, yaitu meliputi persyaratan secara umum, perasayatan dalam  manajemen, peryaratan dalam sumber daya, kemudian persyaratan dalam  pembuatan produk, lalu ada persyaratan dalam produk tidak sesuai, persyaratan dalam validasi, persyaratan dalam verifikasi, dan terakhir melakukan persyaratan dalam dal perbaikan.

Bagi anda yang belum tahu ternyata ISO 22000 sejajar dengan standar sistem manajemen ISO lainnya yang masih dalam satu rumpun dengan 1SO 22000. Diantaranya:

  • ISO 20001 yaitu sistem manajemen untuk industri pangan dan minuman,
  • ISO 22002 yaitu program dalam prasyarat terhadap keamanan pangan,
  • lalu ada ISO 22002 yang bergerak dalam sistem manajemen keamaanan pangan dalam bidang usaha penyediaan audit dan sertifikasi.
  • ISO 22004 yang bergerak dalam sistem manajemen  keamanan bidang panduan terhadap penerapan ISO 22000;2005;
  • ISO 22005 sisitem manajemen keamanan pangan dalam bidang pemeriksaan dalam jaringan pangan.
  • ISO 22006 SMM terhadap penerapan ISO 900;2000 yaitu untuk produksi tanaman;

Dengan adanya sistem manajemen keamanan pangan ini diharapkan bisa mengurangi bahkan mampu menghilangkan resiko keamanan pangan yang sewaktu-waktu bisa terjadi dan menimpa para industri pangan. Dan mudah-mudahan International Standardisasi Organization (ISO) bisa terus memegang peranan penting dalam menjaga kekredibilitasan perusahaan yang bisa bersaing secara global atau mendunia. Karena dengan cara ini kita bisa meningkatan sistem manajemen mutu yang kita miliki saat ini.

Jika perusahaan anda ingin membuat sertifikasi ISO 22000 bisa menggunakan jasa yang sudah ahli dalam bidangnya, namun sebelumnya anda harus melakukan konsultasi ISO 22000 dan melakukan training karena itu salah satu syarat untuk membuat sertifikasi ISO 22000.

Demikian artikel yang berjudul Jasa Konsultasi ISO 22000, semoga dengan adanya informasi diatas bisa menambah wawasan kita terutama mengenai Sistem Manajemen keamanan kesehatan, pangan, maupun lingkungan. Selamat membaca dan Terima Kasih J

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *